Mau Tahu Berapa Biaya Pengobatan Kanker di Penang? Ini Jawabannya!

Selasa, 27 Agustus 2024 – 20:57 WIB
Mau tahu berapa biaya pengobatan kanker di Penang? Berikut jawabannya. Foto: source for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Penang, Malaysia merupakan desitnasi wisata medis yang memiliki sejumlah rumah sakit bertaraf internasional.

Tenaga medis di Negeri Jiran itu didukung oleh sejumlah dokter spesialis yang memperoleh sertifikasi dari luar negeri dengan jaminan kualitas tersendiri.

BACA JUGA: Brawijaya Oncology Center Hadirkan Layanan Unggulan Cegah Kanker Serviks

Tak pelak banyak para pasien asal Indonesia untuk berobat ke Penang. Setiap tahun, jumlah pasien Indonesia yang berobat ke Penang bisa mencapai ratusan ribu orang.

Dari sekian banyaknya jumlah pasien tersebut, pengobatan penyakit kanker menjadi alasan utama berobat ke Penang.

BACA JUGA: Daerah Terpencil Jadi Tantangan Atasi Kanker Payudara di Indonesia

Menurut BerobatkePenang.com, ada empat rumah sakit di Penang yang sering menjadi rujukan pasien asal Indonesia untuk menjalani pengobatan penyakit kanker, yakni Gleneagles Penang, Loh Guan Lye, Island Hospital, dan Mount Miriam Cancer Hospital.

Untuk mereka yang sedang mempertimbangkan untuk berobat ke Penang, pastinya ada banyak hal yang perlu dipersiapkan dengan matang, mulai dari masalah pemilihan rumah sakit dan dokternya, tiket pesawat, akomodasi, dan yang paling penting tentunya adalah masalah biaya berobat.

BACA JUGA: Didampingi Keluarga, Vidi Aldiano Jalani Pengobatan Kanker di Thailand

Lantas berapa biaya pengobatan kanker di Penang?

Jawabannya, sangat relatif. Pengobatannya sangat bergantung dengan jenis kankernya, stadium, serta jenis perawatan yang dibutuhkan pasien.

Secara umum, jenis pengobatan kanker yang dilakukan adalah prosedur operasi pengangkatan sel kanker, kemoterapi, radioterapi, atau imunoterapi.

Jadi hal ini bisa berbeda-beda untuk setiap individu karena setiap pasien kanker memerlukan jenis pengobatan yang disesuaikan dengan kondisi penyakit kanker yang dialami.

Untuk biaya operasi pengangkatan sel kanker, bisa berkisar antara 10,000 hingga 50,000 ringgit, tergantung lokasi sel kanker, ukuran, serta faktor apakah tumor sudah menyebar ke organ tubuh lainnya atau tidak.

Biaya untuk kemoterapi berkisar antara 20,000 hingga 100,000 ringgit, dimana hal ini bergantung kepada jenis obat kemoterapi yang dipakai.

Biaya untuk radioterapi umumnya sekitar 30,000 ringgit, tergantung kepada berapa jumlah sesi radiasi yang dibutuhkan oleh pasien.

Sedangkan untuk biaya imunoterapi, berisar antara 25,000 hingga 100,000 ringgit, yang bergantung kepada jenis obat imunoterapi yang digunakan.

Jika saat ini Anda, keluarga, atau kenalan Anda membutuhkan perkiraan biaya pengobatan kanker, bisa segera mengunjungi situs BerobatKePenang.com, yang merupakan situs perusahaan penyedia jasa layanan berobat ke Penang yang sudah memiliki reputasi membantu banyak pasien asal Indonesia.

Di situs BerobatKePenang.com ini Anda bisa mendapatkan informasi perkiraan biaya, durasi waktu untuk berobat, rekomendasi rumah sakit kanker di Penang, hingga ke informasi mengenai dokter, baik untuk dokter yang akan melakukan prosedur operasi hingga ke dokter onkologi yang akan merawat Anda nantinya. (jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Vidi Aldiano Kembali Jalani Pengobatan Kanker, Mohon Doanya


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Dedi Sofian, JPNN.com

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler