Mayjen Ruruh Siap Melanjutkan Program yang Dirintis Richard Tampubolon

Jumat, 22 Juli 2022 – 16:12 WIB
(kiri ke kanan) Kapolda Maluku Irjen Pol Drs Lotharia Latif, Pangdam XVI/Pattimura Mayjen Ruruh Setyawibawa, Gubernur Maluku Murad Ismail dan Irjenad Mayjen Richard Tampubolon saat menghadiri acara pisah sambut Pangdam XVI/Pattimura di Ambon, Kamis (2/7) malam. (HO/Pendam XVI/Pattimura)

jpnn.com, AMBON - Mayjen TNI Ruruh Aris Setyawibawa yang baru menjabat sebagai Panglima Kodam XVI/Pattimura menyatakan siap bersinergi dan berkoordinasi serta berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Maluku dan Pemprov Maluku Utara, di samping bersama Polri, menjaga dan merawat keamanan di dua provinsi tersebut. 

Mayjen Ruruh Aris Setyawibawa juga memastikan akan melanjutkan program Mutiara Pattimura yang dirintis oleh eks Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Richard Tampubolon. 

BACA JUGA: Mayjen TNI Richard Tampubolon: Komando Harus Tegak Lurus dari Bawah Sampai Pucuk Pimpinan 

"Selaku pimpinan yang baru saya akan melanjutkan program Mutiara Pattimura yang telah dirintis Pak Richard Tampubolon, karena dampaknya lebih mendekatkan Kodam dengan masyarakat Maluku dan Maluku Utara (Malut)," kata Mayjen Ruruh pada acara pisah sambut Pangdam XVI/Pattimura, yang berlangsung di Ambon, Kamis (21/7) malam.

Dia menilai program Mutiara Pattimura berdampak besar menciptakan ketahanan pangan di dua provinsi bertetangga itu, baik di bidang pertanian dan perikanan, di samping menerobos keterisolasian daerah terluar di bidang kesehatan melalui kehadiran motor ambulans."Jadi, program ini luar biasa sekali dalam hal mendekatkan jajaran TNI dengan masyarakat,” ungkapnya. 

BACA JUGA: Kunjungi DPRD Maluku, Pangdam Kenalkan Program Mutiara Pattimura

Alumnus Akademi Militer (Akmil) 1988 ini berharap kehadirannya dirinya bisa memperkuat dan mempertebal kedekatan tersebut. “Sehingga keberadaan dan kehadiran Kodam bisa dirasakan masyarakat,” ujarnya. 

Ruruh juga berterima kasih kepada Mayjen Richard Tambubolon yang dipromosikan sebagai Irjenad sekaligus berharap kepemimpinannya di tempat yang baru lebih mempermudah koordinasi antara Kodam Pattimura dengan petinggi TNI termasuk pemerintah pusat. Sehingga kebutuhan dan program Kodam untuk bersentuhan langsung dengan masyarakat dapat terus terlaksana.

BACA JUGA: Jenderal Andika: Ini Ada Korban Tewas, Jangan Main-Main

"Kebetulan Pak Richard sebagai Irjenad, tentunya dapat melihat perkembangan apa yang dilakukan Kodam Pattimura waktu demi waktu, dan saya berharap beliau bisa mendukung kami," ujarnya.

Mayjen Richard Tampubolon menyampaikan terima kasih atas dukungan semua pihak, termasuk Pemprov Maluku dan Malut selama dirinya menjabat Pangdam XVI/Pattimura dalam kurun enam bulan terakhir.

Dia pun berpamitan dengan seluruh jajaran Kodam serta memohon maaf jika ada kesalahan yang dilakukan selama memimpin Kodam XVI/Pattimura yang wilayah tugasnya menjangkau dua provinsi itu.

"Kepemimpinan saya di Maluku dan Malut terlalu singkat. Masih banyak pekerjaan yang belum dilaksanakan. Namun kesannya bagi saya sangat luar biasa setidaknya saya sudah sempat lihat prajurit yang bertugas di seluruh kepulauan di Maluku dan Malut dan juga melakukan pendekatan dengan masyarakat," katanya. 

Mayjen TNI Richard Tampubolon berharap Kodam Pattimura selalu ada di hati masyarakat dan hadir membawa solusi dan menjadi pelindung bagi rakyat. 

Khusus program Mutiara Pattimura, Richard mengaku masih banyak yang harus dilakukan baik pendampingan di bidang pertanian, perikanan dan kesehatan termasuk juga bagaimana upaya mengakselerasi faktor kebinekaan.

Pada pisah sambut itu dihadiri Gubernur Maluku Murad Ismail serta Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba. Dalam kesempatan itu, Murad Ismail menyatakan terima kasih atas pengabdian dan dedikasi yang dilakukan Mayjen Richard Tampubolon dalam memperkuat teritorial di Maluku dan Malut, termasuk membangun ketangguhan masyarakat mengatasi krisis melalui berbagai program unggulan.

Dia berharap Pangdam XVI/Pattimura Mayjen Ruruh Aris Setyawibawa dapat melanjutkan tugas pengabdian untuk memperkuat eksistensi dan peran Kodam Pattimura dalam meningkatkan keamanan serta merawat kebinekaan di Maluku dan Malut. (antara/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler