Mayoritas Anggota DPD Kembali Bertarung

Jumat, 06 Maret 2009 – 19:28 WIB
JAKARTA - Mayoritas anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) periode 2004-2009 kembali mencalonkan diri dalam pemilu legislatif (DPR/DPD/DPRD) pada 9 April mendatangDemikian kesimpulan berdasarkan data yang disampaikan Sekretaris Jenderal DPD RI, DR Siti Nurbaya Bakar.

Dijelaskan Siti, tepatnya ada sekitar 87 anggota DPD periode 2004-2009, atau sebanyak 67,97 persen yang kembali bertarung memperebutkan posisi sebagai anggota leislatif

BACA JUGA: JK Sudah Ajukan Cuti

"Sebanyak 16 anggota atau 12,5 persen mencalonkan diri sebagai anggota DPR, dan 25 anggota tak lagi mencalonkan diri," ujarnya memberikan keterangan di DPD, Jumat (6/3).

Pemilu 2009 ini, lanjutnya, secara keseluruhan diikuti oleh 1.116 calon anggota DPD
Beberapa tokoh nasional ikut mencalonkan diri, antara lain seperti mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Taufiequrrachman Ruki, begitu juga pengusaha sekaligus desainer Poppy Susanti Dharsono.

Disampaikan Siti lagi, beberapa anggota DPR pun mencalonkan diri untuk menjadi anggota DPD

BACA JUGA: Soal Posisi Ekonomi, Pemerintah Harus Transparan

Mereka antara lain adalah Soetardjo Soerjogoeritno (Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan), Ahmad Farhan Hamid, Patrialis Akbar dan Andi Mapetahang Fatwa (Partai Amanat Nasional), serta Rambe Kamarulzaman (Partai Golkar).

Sebelumnya, Ketua DPD Ginandjar Kartasasmita mengingatkan kepada seluruh anggota DPD yang kembali bertarung, untuk menjaga diri dan mengindahkan seluruh rambu-rambu yang telah ditetapkan.

“Institusi DPD tidak akan membantu jika ada di antara anggota DPD yang kembali mencalonkan diri 'disemprit' Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) pusat dan daerah,” ujarnya
(fas/JPNN)

BACA JUGA: Mega-JK Dikabarkan akan Bertemu

BACA ARTIKEL LAINNYA... Wiranto Belum Tertarik Bentuk Blok Capres


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler