Mayoritas Nahdiyin Kompak Mendukung Prabowo pada Pilpres

Rabu, 16 Agustus 2023 – 17:54 WIB
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Mayoritas warga dari kalangan nahdiyin atau warga Nahdlatul Ulama (NU) kompak mendukung bacapres Prabowo Subianto pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Hal itu tercermin dari hasil survei yang telah dikeluarkan oleh Surabaya Research Syndicate (SRS) periode 2-11 Agustus 2023.

BACA JUGA: Punya Hubungan Dekat, Erick Thohir Potensial Mendampingi Prabowo

Peneliti Senior SRS, Edwin Abdul mengungkapkan dalam hasil survei terbaru Prabowo terbukti mendapatkan dukungan tertinggi dari kalangan nahdiyin.

Edwin menuturkan tak hanya dari kalangan nahdiyin, PKB juga menjadi variabel penentu keunggulan Prabowo atas capres dari PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo di Jawa Timur (Jatim).

BACA JUGA: Erick Thohir Sosok Cawapres Berprestasi, Berpotensi Membawa Prabowo Memenangkan Pilpres 2024

“Berdasarkan analisis tabulasi silang dari hasil survei SRS diketahui bahwa bagian terbesar kaum nahdliyin, 41,5 persen cenderung memilih Prabowo,” kata Edwin, dalam keterangan persnya, Rabu (16/8).

Dia mengatakan naiknya elektabilitas Prabowo di Jatim memang tidak terlepas dari PKB dalam gerbong koalisi Partai Gerindra. Mengingat PKB merupakan partai yang lahir dari rahim NU.

BACA JUGA: Gerak Cepat, Golkar Sodorkan 2 Nama Kandidat Cawapres Pendamping Prabowo

“Setelah Prabowo menggandeng PKB dalam Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KIR), dukungan warga NU mulai mengalir kepada Menteri Pertahanan RI itu,” kata Edwin.

Dengan adanya dukungan dari nahdiyin, Prabowo memiliki peluang menang lebih tinggi Jatim.

Mengingat dalam dua pilpres sebelumnya, orang nomor satu di Kemenhan tersebut selalu mengambil jalan yang berlawanan sehingga selalu mengalami kekalahan di Jatim.

“Dalam dua pilpres sebelumnya, Prabowo selalu berada di jalan yang berlawanan dengan PKB, dan hasilnya Prabowo selalu kalah di Jawa Timur karena kurang mendapatkan dukungan dari kaum nahdiyin,” ujar dia.

Dengan adanya dukungan dari nahdiyin, Prabowo terbukti menduduki peringkat pertama elektabilitas capres untuk wilayah Jatim. Dari survei yang sama, Prabowo terbukti unggul dari capres PDIP, Ganjar Pranowo dan capres Koalisi Perubahan, Anies Baswedan di Jatim.

Berdasarkan hasil survei yang dirilis oleh SRS, capres Partai Gerindra itu berhasil mengantongi dukungan suara sebanyak 43,7 persen, diikuti Ganjar dengan 39,5 persen dan Anies yang hanya meraup suara sebesar 12,2 persen. (cuy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Survei: Elektabilitas Prabowo Subianto di Kabupaten Bogor Tertinggi


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler