Mayoritas Ortu di AS Awasi Aktivitas Anak di Facebook

Selasa, 10 September 2013 – 20:20 WIB

jpnn.com - SEBUAH survei yang dilakukan oleh Annenberg Centre for the Digital Future di University of Southern California menunjukkan 70 persen orang tua di Amerika Serikat mengawasi akun Facebook milik anak-anak mereka. Dari penelitian itu diketahui bahwa orang tua berada dalam posisi dilematis, antara percaya sepenuhnya anak-anak mereka menggunakan media sosial, atau tetap mengawasinya secara ketat.

"Sebenarnya, ini merupakan suatu dilema bagi setiap orangtua untuk mengetahui kapan harus mempercayai anak-anak mereka terkait dengan koneksi jaringan sosial yang mereka miliki," kata Jeffrey Cole, Direktur Annenberg Center seperti dilansir laman news.com.au, Senin (9/9).

BACA JUGA: Lebih Baik Gunakan Satu Antivirus Komputer

Sedangkan 30 persen responden mengatakan bahwa mereka membiarkan anak-anak mereka mengelola sendiri kegiatan di media sosial mereka. Pertimbangannya, karena mengawasi akun Facebook milik anak mereka akan menunjukkan kurangnya kepercayaan.

Sementara 9 persen dari orang tua yang mengizinkan anak-anaknya menggunakan Facebook, mengaku tidak tahu cara menggunakan media sosial. Di samping itu, ada 7 persen orang tua yang mengaku tak punya waktu untuk urusan seperti itu.

BACA JUGA: Server WikiLeaks Pembobol Kawat Diplomat Ditawar USD 25 ribu

Temuan ini merupakan bagian dari program Digital Future Project, suatu studi yang meneliti hubungan antara perilaku pengguna internet dan non-pengguna internet. Dalam lima tahun terakhir ini teknologi berkembang begitu pesat yang tidak pernah ditemui pada generasi sebelumnya.

"Bagaimana orang tua menghadapi anak-anak mereka menggunakan media sosial seperti Facebook hanya mewakili satu aspek dari masalah ini," kata Cole lebih lanjut.(fny/jpnn)

BACA JUGA: Serukan Tulis Ulang Enkripsi Web Agar Tak Dibobol Intelijen

BACA ARTIKEL LAINNYA... Facebook Mampu Dongkrak Rasa Percaya Diri Calon Mahasiswa


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler