Mbah Gendon Dikenal sebagai Ulama Sakti, Diyakini Masih Hidup

Jumat, 23 Juni 2017 – 00:05 WIB
Makam Wali Mbah Gendon yang terdapat di Dukuh Kauman Desa Kesesi Kecamatan Kesesi banyak dikunjungi peziara dari luar kota. Foto: TRIYONO/RADAR PEKALONGAN

jpnn.com - Mohammad Arshal atau Wali Gendon dikenal sebagai salah satu sosok ulama asal Kabupaten Pekalongan, Jateng, yang dikenal sakti pada zaman dahulu.

Ulama yang lebih dikenal sebagai Mbah Gendon tersebut dikenal sakti karena tirakatnya yang luar biasa. Seperti apa?

BACA JUGA: Begini Saran Yusril ke Jokowi Soal Penahanan Ulama

Triyono, Kesesi

Makam Wali Mbah Gendon yang terletak di Desa/Kecamatan Kesesi pada Ramadan 1438 Hijriyah ini dikunjungi banyak peziarah. Di sana, para pengunjung juga khataman Quran.

BACA JUGA: Inilah Suara Sejumlah Pimpinan Ponpes soal Sekolah Lima Hari

Mbah Gendon yang diperkirakan hidup pada sekitar tahun 1868-1960 merupakananak pasangan Tarab dan Takumi. Ia lahir di Desa Kesesi Kecamatan Kesesi, Pekalongan. Mbah Gendon merupakan anak satu-satunya.

Sejak kecil Mohammad Arshal dikenal sebagai sosok yang pendiam, mengalah dan pemaaf. Kedua orang tuanya juga mendidik Mbah Gendon dengan cara sederhana dan mandiri. Adapun sehari-hari menggembala ternak milik orang lain.

BACA JUGA: Jenderal Tito Karnavian: Mbah Saya Itu NU

Sampai remaja dan dewasa pun sifatnya tidak berubah. Bahkan malah semakin menjauhi duniawi.

Sampai pada akhirnya, kedua orang tua Mohmmad Arshal mengenalkannya kepada seorang perempuan sebagai pendamping hidupnya.

Namun tidak seperti pernikahan pada umumnya, setelah menikah Mohammad Arshal bersama rombongan pengantar malah kembali ke rumah orang tuanya.

"Ternyata beliau (Mbah Gendon) belum memiliki keinginan untuk berumah tangga. Namun masih ingin memperdalam ilmu agama atau mondok," ungkap ahli waris Makam Mbah Gendon, M Arifin disela-sela menceritakan kehidupan Mbah Gendon.

Sehingga, Mbah Gendon kemudian berpamitan kepada kedua orang tua serta sanak saudara untuk berangkat mondok ke Babakan Ciwaringin Cirebon Jawa Barat. Mondok di Kiai Munir.

Sekitar lima tahun menimba ilmu di rantau tersebut, lingkungan sekitar terserang wabah gatal-gatal. Sehingga pengasuh ponpes setempat menyarankan untuk mandi di sebuah sendang yang berair hangat.

Namun Mohammad Arshal hanya di tepian saja. Sehingga teman-temannya yang iseng lantas mendorongnya ke dalam sendang.

Setelah tercebur ke dalam sendang, beliau tak muncul kembali. Teman-temannya sudah mencari, bahkan air sendang sudah dikeringkan, namun Mohammad Arshal tidak ditemukan.

Sehingga, hal itu membuat pengasuh pondok pesantren berkunjung ke Desa Kesesi, untuk memberikan kabar tersebut kepada kedua orang tuanya.

Tetap tawakal dan sabar, begitu kedua orang tuanya mendapat kabar tersebut dan berharap Mohammad Arshal tetap hidup.

Kemudian rumah kedua orang tuanya tiba-tiba terdengar suara diketuk-ketuk. Karena ketakutan, pintu tetap tidak dibuka. Baru setelah mengucapkan salam dan menyebutkan namanya, ayahnya membukakan pintu.

Hal itu membuat kedua orang tuanya terkejut bercampur bahagia. Sebab anaknya yang hilang puluhan tahun akhirnya pulang.

"Namun saat pulang itu pakaian beliau (Mbah Gendon) tak lazim, yakni auratnya hanya tertutup oleh akar-akaran yang dianyam. Jenggotnya lebat dan rambutnya terurai panjang," terangnya.

Selama menghilang, Mbah Gendon tinggal di hutan dan goa ditemani sejumlah hewan. Dia hanya mengonsumsi petai cina dan bunga pohon jati.

Kedatangan Mohammad Arshal itu membuat warga setempat berbondong-bondong mendatangi rumahnya karena penasaran. Namun tiba-tiba dan tanpa sebab, Mbah Gendon malah naik ke pohon kelapa.

"Beliau tidak makan dan minum di atas pohon kelapa itu selama berbulan-bulan. Meskipun dirayu keluarga, tetap tidak bersedia turun. Hingga sekitar setahun kemudian turun tanpa ada yang meminta, dan beliau turun menaiki pelepah kelapa yang sudah kering dan meluncur ke bawah. Pelepah itupun yang digunakannya untuk duduk selama berbulan-bulan lagi. Musim hujan juga tidak menggoyahkannya. Hingga keluarga membuatkan tempat untuk berteduh," ungkapnya.

Kabar kepulangan Mohammad Arshal itu akhirnya sampai ke pengurus ponpes tempat dia menuntut ilmu agama. Sehingga pengurus ponpes beserta sejumlah santri berkunjung ke rumah orang tua Muhammad Arshal. Ketenaran Mbah Gendon tidak hanya sekitar Pekalongan saja.

Ada kisah, saat itu sekitar tahun 90-an, ada warga Malaysia itu berkunjung ke makam Mbah Gendon didampingi adiknya warga Pangkal Pinang.

Dia mengaku bertemu Mbah Gendon dan diajar mengaji. Setelah itu, Mbah Gendon memberi alamat tinggalnya di Kesesi ini (tempat makamnya) kepada warga Malaysia itu.

Dia kaget saat tiba di alamat itu, karena baru mengetahui kalau ternyata Mbah Gendon sudah meninggal sekitar tahun 1960-an

Warga Lampung juga hampir sama ceritanya. Namanya Pak Sodikin. Dia ke sini sekitar tahun 2000-an.

Dia cerita tiga bulan sebelumnya bertemu Mbah Gendon di hutan, ngobrol-ngobrol dan kemudian dikasih alamat di Kesesi ini. Kaget juga setelah sampai sini, ternyata Mbah Gendon sudah meninggal. (*)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Berkunjung ke Ponpes Cipasung, Presiden Jokowi Memuji Para Ulama


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Mbah Gendon   ulama   Sakti  

Terpopuler