Mbak Ita Uji Coba Makan Bergizi Gratis Program Prabowo-Gibran di Semarang

Kamis, 15 Agustus 2024 – 07:36 WIB
Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu melakukan uji coba makan bergizi gratis di SD Negeri Ngaliyan 01. FOTO: Humas Pemkot Semarang.

jpnn.com, SEMARANG - Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu atau Mbak Ita melakukan uji coba makan bergizi gratis bagi siswa di sekolah.

Pengujiancobaan itu dilakukan di SD Negeri Ngaliyan 01 Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Rabu (14/8).

BACA JUGA: Presiden Jokowi Bertanya Joni Itu Siapa? Video Lama Viral Lagi

Uji coba gagasan Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka itu disesuaikan lewat program STROBERI (Strategi Pemberian Makan Siang untuk Perbaikan Gizi dan Pencegahan Obesitas).

"Kami mencoba sesuatu yang berbeda dalam mendukung program makan siang bergizi yang menjadi program dedicated Bapak Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih," kata Mbak Ita.

BACA JUGA: Ini Rumor soal Tukang Kayu yang Bikin Golkar Tumbang, Sakti!

Menurut Mbak Ita, di samping mendukung program pemerintah terkait pemberian makan siang sehat bergizi, juga untuk memberdayakan urban farming.

Mbak Ita menuturkan bahwa program ini adalah langkah inovatif yang digagas dirinya bersama jajaran Pemkot Semarang guna memastikan setiap siswa mendapatkan asupan gizi yang seimbang.

BACA JUGA: Hendrar Kaget Namanya Masuk Bursa Pilwakot Semarang: Masa Mas Pacul Bilang Begitu?

"Jadi, bahan untuk makan siang bagi anak-anak adalah diambil dari hasil urban farming di wilayah Kota Semarang," kata Mbak Ita.

Pemberdayaan urban farming dalam program ini akan memberikan multiplier effect di berbagai sektor. Tak lain untuk meningkatkan perekonomian dan berdampak pada kesejahteraan masyarakat.

"Selain itu juga bisa menjaga ketahanan pangan dan mengendalikan inflasi," ujar Mbak Ita.

Nantinya para siswa akan menyantap makanan bergizi hasil panen dari Edufarm Park Kantor Kecamatan Ngaliyan dan juga produksi UMKM yang berasal dari Kecamatan Ngaliyan.

Sementara, proses memasak dilakukan di Kantor Kecamatan Ngaliyan oleh Tim Penggerak PKK dan Kelompok Wanita Tani (KWT) dari Kecamatan Ngaliyan.

Menu-menunya makan bergizi gratis itu telah dirancang khusus oleh tim gizi dari Dinas Kesehatan Kota Semarang.

Beberapa opsi menu akan disajikan oleh Mbak Ita dengan tetap memperhatikan variasi dan keseimbangan gizi.(mcr5/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:


Redaktur : M. Fathra Nazrul Islam
Reporter : Wisnu Indra Kusuma

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler