Mbak Puan Lebih Unggul dari Anies & Ganjar, Tetapi di Bawah Prabowo

Sabtu, 03 September 2022 – 15:49 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani Foto: Ricardo

jpnn.com - JAKARTA - Ketua DPR Puan Maharani menduduki posisi kedua untuk urusan popularitas di lantai bursa Pilpres 2024, versi survei Kelompok Kajian dan Diskusi Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI).

Menurut survei yang digelar pada 3-18 Agustus 2022 dengan metode face to face interview itu, popularitas Mbak Puan meningkat.

BACA JUGA: Penerimaan terhadap Presiden Perempuan Meningkat, Saatnya Mbak Puan?

Ada 1.197 responden yang tersebar secara proporsional di seluruh Indonesia. Dari jumlah tersebut, sebanyak 88,4 persen responden mengaku mengetahui sosok Puan Maharani.

“Puan Maharani memiliki popularitas tertinggi kedua,” kata Direktur Eksekutif Lembaga Survei KedaiKOPI, Kunto Adi Wibowo dalam keterangan pers pada Sabtu (3/9).

BACA JUGA: Survei Elektabilitas, Puan Maharani Masuk 4 Besar

Puan hanya kalah dari Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Sebanyak 95,6 persen responden mengaku tahu sosok Prabowo Ketua Umum Partai Gerindra yang sudah berulang kali mengikuti kompetisi pemilihan presiden.

BACA JUGA: Safari Politik PDIP, Puan segera Bertemu Prabowo dan Airlangga Hartarto

Meski kalah popularitas dari Prabowo, Puan mengungguli sejumlah tokoh lain seperti Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (88 persen), Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (87 persen), dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (81,7 persen).

Namun, Puan masih kurang baik dari sisi favorabilitas atau tingkat kesukaan.

“Rasio favorabilitas dibandingkan popularitas Puan Maharani (0,57), berada di bawah Ganjar (0,89), Prabowo (0,81), dan Anies (0,77),” kata Kunto.

Dia menambahkan pendukung Puan mempersepsikan bahwa putri dari Megawati Soekarnoputri itu merupakan tokoh perempuan yang cerdas dan orang yang baik.

“Bagi yang tidak menyenangi Puan sebagai presiden karena gendernya sebagai perempuan dan dianggap tidak cocok menjadi pemimpin,” katanya.

Selain itu, status Puan sebagai anak mantan presiden juga menjadi ganjalan. Banyak responden yang cenderung menganggap remeh pencapaian politik Puan dan mengaitkan status anak mantan presiden sebagai itu sebagai privilege.

Selain mengukur popularitas, survei KedaiKOPI ini juga mengukur elektabilitas para kandidat.

Puan berada di urutan keempat dengan elektabilitas sebesar 9,6 persen.

“Responden yang memilih Puan mengungkapkan alasan mereka bahwa Puan adalah sosok yang tegas dan berani serta cerdas,” kata Kunto.

Puan hanya kalah dari Ganjar Pranowo (26 persen), Prabowo Subianto (18 persen), dan Anies Baswedan (14,5 persen).

Elektabilitas Puan mengungguli Ridwan Kamil (7,7 persen), Sandiaga Uno (1,5 persen), Agus Harimurti Yudhoyono (1,3 persen), dan Muhaimin Iskandar (1,3 persen). (*/adk/jpnn)


Redaktur & Reporter : Mufthia Ridwan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Mbak Puan   Anies   Ganjar   Prabowo   Pilpres 2024  

Terpopuler