Mbak Rerie Dorong Pengawasan Ketat Tetap Dilakukan Cegah Klaster Baru Covid-19

Minggu, 26 September 2021 – 15:59 WIB
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat atau Mbak Rerie. Foto: Humas MPR RI.

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat berharap pengawasan tetap berjalan terhadap berbagai kegiatan yang diizinkan kembali dilaksanakan di masa pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) ini.

"Prinsip lebih baik mencegah daripada mengobati dalam setiap berkegiatan harus benar-benar dikedepankan agar tidak tercipta klaster baru," kata Rerie, sapaan akrab Lestari Moerdijat melalui keterangan tertulisnya, Minggu (26/9).

BACA JUGA: Antisipasi Lonjakan Covid-19, Martin Minta Erick Thohir Tingkatkan Fasilitas RS BUMN

Upaya testing, tracing dan treatment yang transparan terhadap masyarakat juga harus tetap dilakukan.

Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu juga menyarankan agar setiap upaya pelonggaran kebijakan yang berdampak pada peningkatan aktivitas masyarakat di ruang publik dipersiapkan dengan matang untuk menekan sekecil mungkin potensi penyebaran virus Corona.

BACA JUGA: Atasi Pandemi Covid-19, BPJS Kesehatan: Pemerintah, Lembaga dan Stakeholder Harus Sinergi

Rerie menegaskan, persiapan matang dalam berkegiatan itu harus dilakukan semua pihak, baik oleh para pemangku kepentingan dan masyarakat yang terlibat dalam sejumlah aktivitas di ruang publik.

Contohnya kebijakan ganjil genap diterapkan untuk mengendalikan jumlah wisatawan yang datang.

BACA JUGA: Negara Ini Kembali Hidup Normal, Seolah COVID-19 Tidak Pernah Ada

Kesiapan serupa juga harus dilakukan dalam setiap kegiatan di ruang piblik di masa pandemi ini, seperti pembukaan kembali aktivitas di mal dan pusat perbelanjaan, bioskop, rumah makan, warung, pembelajaran tatap muka dan sejumlah lokasi lainnya.

"Para pemangku kepentingan harus memastikan kebijakan tersebut benar-benar berjalan sesuai dengan yang direncanakan lewat pengawasan yang ketat," tegasnya.

Dia juga menyarankan masyarakat memastikan tetap menerapkan disiplin protokol kesehatan (Prokes) saat beraktivitas di ruang publik.

Menurut Rerie, partisipasi aktif semua elemen bangsa sangat dibutuhkan dalam meningkatkan kesadaran bersama, agar proses pengendalian penyebaran virus Corona di tanah air berjalan sesuai rencana. (mrk/jpnn)

 

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Tim Redaksi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler