Mbak Rerie: Tren Kematian Akibat Covid-19 Mengkhawatirkan, Harus Segera Diatasi

Kamis, 29 Juli 2021 – 16:58 WIB
Ilustrasi petugas memakamkan jenazah COVID-19, di TPU Pondok Ranggon, Jakarta, Selasa (8/9). Foto: ANTARA/Muhammad Adimaja

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mendesak pemerintah segera mengevaluasi penanganan Covid-19 di sejumlah daerah untuk menekan tingkat kematian akibat virus Corona.

"Tren peningkatan angka kematian akibat Covid-19 dalam beberapa hari terakhir cukup mengkhawatirkan. Para pemangku kepentingan harus segera mengatasi kondisi ini," kata Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Kamis (29/7).

BACA JUGA: Angka Kematian Meningkat Signifikan, Puan Mengingatkan Pemerintah

Berdasarkan data Kemenkes pada Rabu (28/7), jumlah pasien Covid-19 yang meninggal bertambah 1.824 orang. Penambahan sehari sebelumnya bahkan tercatat 2.069 orang dalam sehari.

Padahal, katanya, catatan Satgas Covid-19 sebelum pemberlakuan PPKM Darurat, penambahan kematian tertinggi per hari sebesar 539 orang.

BACA JUGA: A Sempat Mengasah Parang Sebelum Menghabisi Ketua MUI Secara Sadis, Ini Motifnya

Peningkatan justru terjadi pada PPKM darurat (3 Juli-20 Juli 2021) menjadi menjadi 1.338 orang dan meningkat lagi pada PPKM level 1-4 (21 Juli-25 Juli 2021) menjadi 1.487 orang.

"Para pemangku kepentingan di tingkat pusat dan daerah harus segera mengevaluasi daerah-daerah mana saja yang mengalami kesulitan dalam penanganan kasus positif Covid-19," ujar Rerie -panggilan Lestari.

BACA JUGA: Kalimat Tegas Luhut Panjaitan kepada Wamenkes Dante: Jangan Sampai Ini Gagal

Dia menyebut hasil evaluasi itu harus segera dicarikan solusi agar jumlah pasien Covid-19 meninggal di sejumlah daerah bisa segera ditekan hingga titik terendah.

Sejumlah upaya untuk menekan tingkat kematian menurutnya bisa dilakukan dengan sedini mungkin mengetahui warga yang terpapar Covid-19 melalui testing dan tracing yang agresif.

"Dengan lebih dini mengetahui warga yang terpapar Covid-19, tindakan segera untuk penanganannya bisa dilakukan," ucap anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu.

Mbak Rerie menduga sejumlah daerah tidak memiliki kemampuan yang cukup untuk meningkatkan agresivitas testing dan tracing di daerahnya, sehingga terlambat menangani warga yang terpapar virus Corona.

Demikian juga dengan kelengkapan fasilitas kesehatan di setiap daerah yang tidak merata, sehingga berpotensi menjadi faktor tidak tertanganinya dengan segera pasien Covid-19.

Selain itu, konsistensi masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan dalam keseharian seperti memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas, harus tetap dijaga untuk memutus mata rantai penyebaran virus korona.

BACA JUGA: RS dan DF Ditangkap di Area Hotel Berbintang, Sebegini Bayarannya

"Sejumlah kendala dalam penanganan kasus positif di daerah hendaknya bisa segera diatasi dengan kolaborasi yang baik antara pemangku kepentingan di pusat dan daerah, agar penyebaran Covid-19 di tanah air bisa segera terkendali," pungkas Lestari Moerdijat. (*/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler