Media Inggris Kupas Diving Spot di Luar Bali, Ini Lokasinya

Jumat, 08 Desember 2017 – 09:29 WIB
Taman laut di Alor, NTT. Foto: Kemenpar

jpnn.com, LONDON - Bali memang sudah kondang hingga luar negeri. Namun, selama ini hanya destinasi-destinasi di Pulau Bali saja yang dikenal oleh wisatawan mancanegara.

Padahal, ada destinasi-destinasi yang masuk dalam 'Beyond Bali' yang sangat memesona. Belum lama ini, media Evening Standard di Inggris menurunkan artikel tentang lokasi-lokasi menyelam atau diving spot di sekitar Bali.

BACA JUGA: Gunung Agung Erupsi, Kunjungan Wisman Turun 15 Persen

Dalam artikel bertitel Underwater World: The Best Places for Diving in Bali, edisi online koran terbitan London itu mengupas sejumlah lokasi tersembunyi tak jauh dari Pulau Dewata yang menjadi tempat menyelam menakjubkan. “Rumah bagi beragam ikan tropis, bermil-mil terumbu karang dan topografi yang menakjubkan, menyelam di sekitar Bali adalah pengalaman yang luar biasa sempurna,” tulis Evening Standard.

Lantas, di manakah lokasi menyelam di sekitar bali yang direkomendasikan Evening Standard? Berikut ini adalah daftar lokasinya;

BACA JUGA: Hampir Setahun Menghilang, Ditemukan Tinggal Tulang Belulang

1. Taman Nasional Komodo
Habitat bagi komodo ini merupakan kumpulan pulau yang ada di sisi timur Bali. Pulau-pulau di Taman Nasional Komodo yang masih satu deret dengan Bali dalam gugusan Kepulauan Sunda Kecil menawarkan lokasi menyelam yang memiliki terumbu karang menakjubkan dengan berbagai jenis ikan.

Ada kemunculan hiu secara reguler. Di antaranya hiu karang, hiu sirip hitam, hiu bambu, hingga hiu lonjor. Selain itu, ada pula ikan pari raksasa.

BACA JUGA: Gunung Agung Terus Menggeliat, Okupansi Hotel di Bali Anjlok

Arus yang kuat dan kaya akan plankton membuat perairan di Taman Nasional Komodo menjadi habitat sempurna bagi ikan pari. Panjangnya bisa mencapai 8 meter.

Di lokasi lain, ikan pari manta diburu karena ekornya biasa digunakan untuk pengobatan ala Tiongkok. Tapi, Taman Nasional Komodo menyediakan perlindungan bagi semua kehidupan laut.

Ada cara sempurna untuk menjangkau Taman Nasional Komodo dari Bali. Yakni menggunakan kapal layar.

Ada kapal layar Adelaar yang bisa melayani pelayaran dari Bali ke Taman Nasional Komodo pergi pulang. Bekas kapal Belanda berumur lebih dari 100 tahun itu dibangun lagi menjadi moda transportasi sempurna untuk berpesiar.

Di dalam Adelaar ada empar kabin mewah serta delapan tempat tidur. Tentu saja kapal layar itu juga membawa perlengkapan menyelam dan pemandu selam kampiun.

Adelaar butuh waktu 10 hari untuk berlayar dari Bali menuju Taman Nasional Komodo dan kembali lagi titik awal. Selama itu pula Adelaar mengantar pelancong ke 30 lokasi selam, berbagai pantai, hingga lokasi-lokasi dengan pemandangan indah.

Tentu saja Adelaar juga mengantar pelancong untuk melihat komodo di alam liar. Lokasinya di Pulau Komodo dan Rinca.

2. Tulamben
Tulamben yang terletak di Karangasem, Bali merupakan salah satu tempat diving paling populer. Di Tulamben terdapat bangkai kapal Amerika Serikat (AS) USAT Liberty yang ditenggelamkan torpedo Jepang pada Perang Dunia II.

Bangkai kapal itu menjadi tempat menyelam sempurna karena menyediakan beragam kedalaman dari 3 meter hingga yang terdalam 30 meter. USAT Liberty yang memiliki panjang 120 meter juga menjadi tempat tumbuhnya karang, berbagai jenis ikan yang flamboyan, serta berbagai kura-kura, gurita hingga hiu.

3. Nusa Lembongan
Pulau kecil di sebelah tenggara Bali ini tak berpenghuni. Namun, Lembongan menyediakan lokasi diving dan surfing yang luar biasa.

Untuk menjangkau Lembongan bisa menggunakan perahu dari Sanur ataupun Padang Bai. Suasana Lembongan yang masih murni menjanjikan pengalaman tersendiri.

Air di perairan Lembongan yang bersuhu 18-27 derajat celcius kaya akan ikan-ikan tropis. Dan yang menjadi bintang bagi daya tarik Lembongan adalah ikan mola mola atau ikan matahari.

Mola mola seperti makhluk aneh dari jutaan tahun lalu. Badannya besar, tapi mulutnya kecil.

Selain itu, mola mola yang memiliki sirip besar tanpa ekor. Karena itu, mola mola terlihat tinggi ketimbang panjang.(ara/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Rayakan Ultah dengan Tabanan Fiesta demi Gali Potensi Daerah


Redaktur & Reporter : Antoni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler