Mega Malu Ada Politikus Perempuan Jadi Tahanan KPK

Minggu, 22 Desember 2013 – 16:27 WIB
Megawati Soekarnoputri. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menilai terpinggirkannya perempuan dari politik akibat dari kesalahan sendiri. Pasalnya, kesempatan bagi perempuan untuk berpolitik sudah terbuka lebar.

"Jadi sebenarnya kalau saya melihat, namanya perjuangan perempuan dan lalu sepertinya tersingkirkan. Tidak ada yang salah, yang salah kita sendiri kaum perempuannya," kata Megawati dalam pidatonya di acara peringatan Hari Ibu di GOR Otista, Jakarta Timur, Minggu (22/12).

BACA JUGA: Menteri Asal Parpol Diyakini Sibuk Urus Pemilu

Bahkan, lanjutnya, perempuan sudah diberi perlakuan khusus untuk berkiprah di politik. Perlakuan khusus yang dimaksudnya adalah syarat 30 persen caleg perempuan bagi peserta pemilu.

Namun perlakuan khusus itu justru disia-siakan oleh kaum perempuan sendiri. "Saat dimasukkan ke KPU daftar 30 persen, malah mabok. Tidak ada yang mau maju, gimana ini? Artinya kan jauh antara panggang dengan api. Ibu-ibunya sendiri loyo, sorry loyo," tutur Mega.

BACA JUGA: Publik Khawatir Pemerintahan Lumpuh di Tahun Politik

Parahnya, sejumlah perempuan yang sudah berkiprah di politik pun ternyata tidak memiliki prestasi yang baik. Mereka malah sibuk memperkaya diri dengan melakukan korupsi.

"Benar Bupati, Gubernur sudah ada yang perempuan. Tapi apakah tidak malu kita lihat sekarang jadi tahanan KPK, Masyallah," tegasnya.

BACA JUGA: Dahlan Iskan Ungguli Capres Konvensi Lainnya

Lebih lanjut, Mega mengingatkan kepada para kaum perempuan agar peringatan Hari Ibu ini digunakan sebagai momentum perenungan. Ia berharap perempuan dapat kembali memperjuangkan kaumnya.

"Kita punya hak dan sama dengan kaum pria, kita punya kodrat masing-masing, sehingga dengan demikian, sekarang perlu disadarkan seperti apa perjuangan kaum perempuan," pungkas presiden RI ke-5 itu. (dil/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ormas Harus Siap Memberikan Informasi Publik


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler