Megawati: Kalau Benar Saya PKI, Kok Saya Diloloskan?

Senin, 07 Januari 2019 – 19:25 WIB
BERCERITA: Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri saat menghadiri acara 'Bu Mega Bercerita' di DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (1/7). Foto: Ricardo/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri membantah dia dan Presiden Joko Widodo adalah bagian dari PKI.

Hal ini disampaikannya di hadapan para pemuda-pemudi dalam acara 'Bu Mega Bercerita' di Kantor DPP PDI Perjuangan, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (7/1).

BACA JUGA: PDIP Undang Milenial untuk Dengarkan Bu Mega Bercerita

Megawati masih heran mengapa dirinya dan pria yang akrab disapa Jokowi itu masih diserang isu PKI dan antek Tiongkok.

Padahal, dia dan Jokowi sangat pro terhadap Pancasila dan Undang-Undang-undang Dasar 1945.

BACA JUGA: PDIP Bakal Kumpulkan 12 Ribu Kader untuk Rayakan Ultah ke-46

"Sekarang, kenapa sih sampai presiden kita sendiri dibilang keturunan Tiongkok lah, aseng lah. Ini yang saya bilang tadi, itu orang yang kirim-kirim begitu ngerti enggak sih apa yang sebenarnya," kata Megawati.

Mengenai tuduhan Jokowi antek Tiongkok, menurut Megawati, sebenarnya mereka tidak mengerti apa yang dituduhkannya. Sebab, Nabi Muhammad SAW sendiri menganjurkan umat untuk mencari ilmu ke Tiongkok.

BACA JUGA: Pengamat: Megawati Ingin Regenerasi di PDIP Berjalan Mulus

"Nabi Muhammad kita yang kusayangi itu mengatakan, carilah ilmu sampai ke negeri Cina," jelas dia.

Megawati mengatakan, seandainya dia adalah bagian dari PKI, sudah sejak dulu pasti ditangkap. Namun, putri Proklamator RI Bung Karno itu menduga isu itu terus didengungkan untuk menjatuhkannya bersama dengan Jokowi.

"Biarin saja lah dibilangin gitu, kami jalan saja, itu orang sentimen saja, karena kepingin menang? Menang itu mustinya dengan terhormat dong," cetus Megawati.

Presiden Kelima RI ini menyebutkan, di jajaran pemerintahan, ada Jenderal TNI (purn) Wiranto yang menjawab sebagai Menteri Koordinator Politik, Hukum dan HAM (Menko Polhukam).

Megawati mengatakan, jika ada PKI di jajaran pemerintahan, Wiranto pasti sudah mengendusnya.

"Kami dari zamannya Soeharto, saya dibilang PKI melulu, tetapi kenapa saya bisa duduk di DPR. Dulu seluruh anggota DPR di litsus, artinya kalau di litsus kok enggak tahu saya orang PKI. Kalau benar saya PKI, kok buktinya saya diloloskan. Bisa jadi ketum, bisa saya anggota DPR tiga kali lagi. Jadi bagaimana? Berpikir dengan logika," jelas Megawati.

Megawati juga melihat mental seperti ini yang membuat Indonesia bisa dijajah selama 350 tahun. Sebab, warganya mudah terhasut dengan berita bohong.

"Masa enggak bisa diberhentikan hoaks itu. Kemarin kan ribut soal surat suara, ini kan bisa juga sebuah permainan toh, tapi hoaks," tandas Megawati. (tan/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tsunami Selat Sunda Ingatkan Hasto pada Warning dari Bu Mega


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler