Megawati Melantik Jenderal dari TNI AL Ini Jadi Wakil Kepala BRIN

Kamis, 03 Agustus 2023 – 13:24 WIB
Ketua Dewan Pengarah BRIN Megawati Soekarnoputri (kiri) dan Wakil Kepala BRIN Laksdya Amarulla Octavian (tengah) di kantor BRIN, Jakarta Pusat, Kamis (3/8). Foto: Tim Dokumentasi Megawati

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Megawati Soekarnoputri melantik Laksamana Madya (Laksdya) Amarulla Octavian sebagai wakil kepala di lembaga tersebut.

Proses pelantikan itu dilaksanakan di kantor BRIN, Jalan MH Thamrin, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (3/8) ini.

BACA JUGA: Bu Mega Mendorong BRIN Kembangkan Reaktor Nuklir

Megawati melantik Amarullah berdasarkan Surat Keputusan Presisen (Keppres) Nomor 93/TPA 2023 tentang Pengangkatan Pejabat Pimpinan Tinggi Madya di Linkungan BRIN.

Amarulla dalam Keppres yang diteken Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) itu akan mendapat hak keuangan, administrasi, dan fasilitas lainnya setingkat dengan jabatan struktural eselon 1A.

BACA JUGA: Kemendes PDTT Terima Aset Gedung BRIN, Gus Halim: Kami Manfaatkan Sebaik-baiknya!

Megawati saat prosesi pelantikan terekam mengambil sumpah jabatan kepada Amarulla sesuai agama yang dianut.

"Sebelum saya mengambil sumpah, saya akan bertanya kepada Saudara, apakah Saudara bersedia mengucapkan sumpah menurut agama yang Saudara anut?" kata Megawati.

BACA JUGA: Pidato Prabowo Dorong Dialog AS-China Disorot, Peneliti BRIN: Penting dan Menarik

"Bersedia," jawab Amarulla.

Megawati lalu menyampaikan kepada Amarulla soal sumpah jabatan ini menjadi tanggung jawab terhadap bangsa dan negara Republik Indonesia.

Presiden kelima RI itu juga meminta Amarulla bertanggung jawab memelihara dan menyelamatkan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945, serta kesejahteraan rakyat.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia dan taat kepada Undang-undang Dasar Negara Republik Indoneisa 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dan dengan penuh rasa tanggung jawab," kata Megawati mendiktekan sumpah jabatan yang diikuti oleh Amarulla.

Kepala BRIN Laksana Tri Handoko sampai anggota Dewan Pengarah BRIN seperti Sudhamek Agoeng Waspodo Soenjoto, Emil Salim, Bambang Kesowo, dan Tri Mumpuni terpantau hadir dalam acara pelantikan Amarulla.

Dosen Universitas Pertahanan (Unhan) RI Hasto Kristiyanto dan sejumlah perwira tinggi (TNI) juga tampak mengikuti prosesi pelantikan.

Diketahui, Laksdya Amarulla Octavian merupakan perwira tinggi TNI AL lulusan Akademi Angkatan Laut pada 1988.

Dia merupakan Rektor Universitas Pertahanan (Unhan) sebelum ditunjuk sebagai Wakil Ketua BRIN.

Perwira dengan bintang tiga itu diketahui pernah menjabat sebagai Komandan Seskoal, Kaskoarmabar, dan Danguspurlabar.

Sejumlah penghargaan juga pernah diperoleh Amarulla seperti Bintang Dharma, Bintang Yudha Dharma Naraarya, hingga Satyalancana Kesetiaan 32 tahun. (ast/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?

BACA ARTIKEL LAINNYA... Bakal Ada Tersangka Lain dalam Kasus Peneliti BRIN AP Hasanuddin


Redaktur : Fathan Sinaga
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler