Serangkaian beton pengaman sudah dipasang di berbagai sudut pusat kota Melbourne, sebagai bagian dari usaha pemerintah negara bagian Victroria, untuk mencegah terjadinya serangan menggunakan kendaraan yang menewaskan pejalan kaki di Bourke St, dan juga di London baru-baru ini.

Sekitar 140 beton pengaman sudah dipasang di delapan kawasan pejalan kaki di seputaran kota, yang dipadang oleh Polisi Victoria, sebagai tempat yang penting bagi pejalan kaki dan harus mendapatkan pengamanan.

BACA JUGA: Dua Napi Kerobokan Yang Kabur Ditemukan di Timor Leste

"Saya tahu mungkin bagi banyak orang beton ini tidak tampak cantik, namun ini bersifat sementara, tetapi dimaksudkan untuk memastikan kami mengurangi resiko bagi masyarakat." kata Menteri Urusan Polisi Victoria Lisa Neville.

"Beton-beton ini ditempatkan di daerah dimana polisi melihat adanya tingkat konsentrasi pejalan kali paling banyak dan tempat dimana banyak orang berkumpul. Jadi ini usaha mengurangi resiko." katanya.

BACA JUGA: Pohon Dipasang Microchip Supaya Tidak Dcuri

"Mereka nantinya akan diganti dengan pengaman yang permanen, yang akan terlihat lebih bagus namun ini semua adalah usaha mengurangi kemungkinan adanya tindakan teroris di kota kita."

Beton-beton pengaman itu sudah dipasang di

BACA JUGA: Sejumlah Barang Ditemukan Dalam Terowongan Penjara Kerobokan

Queensbridge Square di Queensbridge Street, SouthbankQueensbridge Square di persimpangan pejalan kaki di Southbank Boulevard footpath Boathouse Drive di bawah Princes BridgeFederation Square di persimpangan Swanston Street/Flinders Street Flinders Street Station di persimpangan Swanston Street/Flinders Street intersectionSouthern Cross Station antara Collins Street dan Little Collins StreetSouthern Cross Station di Bourke StreetDi sekitar Queen Victoria Market

Bulan Januari, enam orang tewas, dan belasan mengalami cedera ketika sebuah mobil sengaja naik ke jalur pejalan kaki dan kawasan yang khusus pejalan kaki saja di Bourke St mall.

Awal bulan ini, seorang pria mengendarai mobil di sepanjang Swaston St, yang sebenarnya terlarang untuk mobil, dan pengendaranya mencari sasaran lembaga keuangan. dan bukannya pejalan kaki. Beton pengaman ini dipasang untuk sementara

ABC News: Iskhandar Razak Semakin banyak pengaman akan dipasang di Melbourne

Beton pengaman ini merupakan tambahan untuk 66 pengaman lainnnya yang sudah dipasang di Bourke St dan Federation Square awal bulan ini dan masih akan lebih banyak lagi dipasang di lokasi yang tidak disebutkan.

Lisa Neville tidak bisa memastikan kapan beton pengaman sementara ini akan diganti dengan yang permanen.

"Kami sedang mempertimbangkan solusi terbaik dari sisi teknologi, yang tidak akan mengganggu para pengguna transportasi, namun juga memberikan keamanan yang kita perlukan." katanya.

Pemerintah negara bagian Victoria sudah menganggarkan dana $ 10 juta (sekitar Rp 100 miliar) untuk menggantikan beton pengaman sementara ini dengan yang permanen atau yang bisa dipindah dengan gampang.

"Beton pengaman ini akan memberikan keamanan lebih bagi bagi siapa saja yang mengunjungi atau berkumpul di tengah kota." kata kota praja City of Melbourne dalam sebuah pernyataan.

"Kami akan terus bekerja sama dengan pemerintah negara bagian dan Polisi Victoria guna memastikan kawasan publik ini aman."
Beton pengaman di Southern Cross station

ABC News: Iskhandar Razak

Diterjemahkan pukul 15:02 AEST 23/6/2017 oleh Sastra Wijaya dan simak beritanya dalam bahasa Inggris di sini

Lihat Artikelnya di Australia Plus

BACA ARTIKEL LAINNYA... Riset Terbaru Perjelas Risiko Kanker Payudara

Berita Terkait