Membantu Pemerintahan Jokowi, PDI Perjuangan Menyiapkan Asisten Tenaga Kesehatan Covid-19

Kamis, 29 Juli 2021 – 15:01 WIB
Ketua DPP Bidang Kesehatan, Perempuan dan Anak PDI Perjuangan Sri Rahayu. Foto: DPP PDIP

jpnn.com, JAKARTA - PDI Perjuangan akan menggelar pelatihan asisten tenaga kesehatan di Gedung Sekolah Partai, Jalan Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Senin (2/8) secara daring untuk membantu Pemerintahan Presiden Jokowi dalam menangani pandemi Covid-19.  

Partai yang dipimpin Ketua Umum Megawati Soekarnoputri itu berpandangan bahwa kebutuhan membantu tenaga kesehatan sudah sangat mendesak. 

BACA JUGA: Lihat, di Sinilah PDIP akan Menggembleng Kader Menjadi Calon Pemimpin

Ketua DPP Bidang Kesehatan, Perempuan, dan Anak PDI Perjuangan Sri Rahayu mengatakan situasi pandemi Covid-19 saat ini menyadarkan bahwa Indonesia membutuhkan lebih banyak asisten tenaga kesehatan.

Selain itu, ujar Sri Rahayu, data menunjukkan bahwa rasio tenaga kesehatan dibanding jumlah penduduk Indonesia adalah nomor dua terendah se-Asia Tenggara.

BACA JUGA: Kantor PDIP Dirancang dengan Konsep Ramah Lingkungan, Menggunakan Solar Panel dan Green Building 

“Saat ini, untuk yang paling mudah kami lihat adalah bagaimana Indonesia butuh petugas sebagai asisten tenaga kesehatan untuk membantu penyuluhan, vaksinasi, dan swab test. Ini penting supaya testing, tracing, dan treatment, bisa berjalan baik,” kata Sri Rahayu dalam keterangan yang diterima, Kamis (29/7).

Oleh karena itu, PDI Perjuangan berinisiatif melaksanakan pelatihan para asisten tenaga kesehatan. Pesertanya minimal lulusan SMK Kesehatan. 

BACA JUGA: Di Depan Cinta Laura, Megawati Minta Anak Muda Punya Semangat Juang

“Bagi kami, kesehatan ini sangat penting dan tidak ada kata terlambat di dalam penanganan pandemi Covid 19,” kata Sri Rahayu. 

Ketua DPP Bidang Sosial dan Penanggulangan Bencana PDI Perjuangan Ribka Tjiptaning menjelaskan selama ini eks kantor pusat PDIP yang kini menjadi Sekolah Partai itu, memang sudah memiliki fungsi sosial. 

Selain sebagai salah satu lokasi berbagai peralatan Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) PDIP, sebuah klinik juga sudah beroperasi di sana. 

“Ada dokter yang bertugas. Setiap hari puluhan warga berobat dan dilayani di sana,” kata Ribka. 

Pelatihan asisten tenaga kesehatan yang akan dilaksanakan oleh PDI Perjuangan menjadi bagian dari berbagai kegiatan partai di masa pandemi Covid-19 ini. 

Ribka menjelaskan partai juga terus mengintensifkan dapur-dapur umum di seluruh wilayah Indonesia untuk membantu logostik, khususnya bagi warga yang mengalami isolasi mandiri. 

“Ini sejalan dengan perintah Ibu Ketua Umum Ibu Megawati Soekarnoputri, yang terus memantau dan memberi arahan agar kader partai terus menghadirkan wajah kemanusiaan, turun di tengah rakyat dan membantu yang kesusahan,” kata Ribka. 

Selain itu, PDI Perjuangan juga berkomitmen membantu pemerintah dalam menyukseskan vaksinasi Covid-19. 

Para kader dan pengurus partai di berbagai wilayah Indonesia diinstruksikan untuk melaksanakannya. 

Harapannya, sesuai target pemerintah bahwa kekebalan komunitas bisa tercapai, sehingga aktivitas sosial dan ekonomi bisa makin dilonggarkan. 

Di tengah pelonggaran itu, pelatihan asisten tenaga kesehatan sangat tepat untuk membantu penyuluhan dan berbagai bentuk yankes. 

“Kurikulum sekolah asisten tenaga kesehatan tersebut diambil dari best practices penangganan Covid-19, termasuk bagaimana dukungan keluarga, bagaimana hasil empiris berupa best pratices penyembuhan pasien Covid-19 oleh dokter berpengalaman hingga makanan apa yang paling tepat bagi penderita Covid-19,” ujar Ribka setelah berkoordinasi terkait penyusunan kurikulum bersama Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto dan  Sri Rahayu. 

Untuk diketahui, hari ini Hasto Kristiyanto meninjau kantor partai di Jalan Lenteng Agung, Jaksel. 

Dulu, gedung ini ini adalah kantor pusat PDI Perjuangan, sebelum pindah ke Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat. 

Gedung di Lenteng Agung ini diubah menjadi Sekolah Partai. 

Selain ruang kelas dan tempat tidur berkapasitas 200 orang, Sekolah Partai ini juga memiliki Kantin Mustika Rasa dan Perpustakaan Soekarno Corner. (tan/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler