Kantor PDIP Dirancang dengan Konsep Ramah Lingkungan, Menggunakan Solar Panel dan Green Building 

Rabu, 28 Juli 2021 – 16:08 WIB
Suasana di salah satu bagian kantor DPP PDIP di Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta. Foto: DPP PDIP.

jpnn.com, JAKARTA - PDI Perjuangan terus berkomitmen menjadikan kantor partai selain sebagai rumah kebangsaan Indonesia raya, juga sarat dengan pesan kebudayaan dan komitmen terhadap lingkungan. 

Berbagai upaya terus dilakukan jajaran partai yang dipimpin Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri itu. 

BACA JUGA: Tak Hanya Jabodetabek, PDIP Bakal Dirikan Dapur Umum di Tempat Lain

Salah satunya ialah dengan memasang solar panel di kantor DPP PDIP di Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat.  

Ini tentu menjadi percontohan bagi kantor-kantor PDIP di seluruh daerah di Indonesia. 

BACA JUGA: Kepada Aktor Politik di Balik Tragedi Kudatuli, Sekjen PDIP: Kami Belum Selesai

“Kantor Pusat DPP PDI Perjuangan menjadi percontohan green building. Selain dibangun taman-taman vertikal, kantor partai juga dilengkapi dengan solar panel,” kata Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, Rabu (28/7). 

Tidak hanya dari sisi lingkungan kantor partai pemenang Pemilu 2014 dan 2019 ini juga menonjolkan keanekaragaman dan kekayaan kebudayaan yang dimiliki Indonesia. 

BACA JUGA: Hasto Kristiyanto tak Menduga, Sahabat Ingat Hari Lahirnya dan Memberi Kado Istimewa

“Dari aspek aspek kebudayaan, kantor partai juga dipasang banyak lukisan dari pelukis ternama yang mengedepankan semangat juang,” politikus asal Yogyakarta itu. 

Lebih lanjut Hasto menuturkan dengan dipasangnya solar panel tersebut, PDI Perjuangan tercatat sebagai kantor partai pertama yang menerapkan green building. 

Dia menjelaskan kontribusi pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) DPP PDI Perjuangan dengan kapasitas terpasang 2 x 10 Kw (tiap tahun), mampu memproduksi energi sebesar 24,6 juta KWH. 

Kondisi itu juga mampu  mengurangi emisi CO2 9,8 ton per tahun, atau setara dengan perlindungan terhadap penebangan pohon (deforestasi) sebanyak 1354 pohon. 

“Dari aspek perekonomian, dapat menghemat biaya listrik sebesar Rp 40 juta per tahun,”  kata Hasto. 

Selain hal itu, kata Hasto, PDI Perjuangan juga memberikan dukungan  kepada program pemerintah dalam pengembangan motor listrik. Oleh karena itu, mulai hari ini karyawan di kantor DPP PDI Perjuangan melakukan uji coba kendaraan listrik melakukan uji coba penggunaan motor listrik. 

“Dengan memberikan atensi yang begitu besar terhadap lingkungan, maka watak politik ‘Merawat Pertiwi’ melalui penghijauan, green building, dan merawat lingkungan agar makin asri sebagaimana instruksi Ketua Umum PDI Perjuangan Ibu Megawati Soekarnoputri, akan menjadi kultur partai,” kata Hasto Kristiyanto. (boy/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler