Membedah Kelebihan Layanan Pengantaran Ritel Pos Logistik Indonesia

Sabtu, 02 Maret 2019 – 11:36 WIB
Petugas Pos Indonesia saat melakukan mengepak barang. Foto: Istimewa

jpnn.com, JAKARTA - PT Pos Logistik Indonesia (Poslog) berencana menyediakan layanan pengantaran ritel mulai tahun ini.

Anak perusahaan PT Pos Indonesia (Persero) itu berambisi menjadi tiga besar di bidang jasa pengiriman skala ritel tersebut.

BACA JUGA: PT Pos Indonesia Ungkap Penyebab Pengiriman Barang dari Batam Tersendat

Direktur Bisnis PT Pos Logistik Indonesia Rahmat Eka Haryanto menyebutkan bahwa potensi bisnis layanan pengantaran sangat besar. Apalagi, e-commerce semakin menjamur sekarang ini.

’’Kunci keberhasilan yang pertama adalah ketepatan waktu, bukan kecepatan. Tidak semua customer minta barang mereka cepat dikirim dalam waktu 1–2 hari. Namun, kami menjanjikan ketepatan dan itu harus kami penuhi,’’ kata Rahmat, Jumat (1/3).

BACA JUGA: Pos Indonesia Lunasi Gaji Karyawan pada 4 Februari

Saat ini, Poslog masih mendalami bisnis layanan pengantaran ritel tersebut.

’’Market sudah ada. Selain dengan e-commerce business to consumer, kami bekerja sama dengan e-commerce lokal yang sifatnya consumer to consumer,’’ papar Rahmat.

BACA JUGA: Tarif Pengiriman Pos Naik, Pebisnis Online Resah

Dia menambahkan, bisnis baru tersebut tidak akan mengganggu pasar induk perusahaan yang lebih dulu bergerak di bidang pengiriman barang. Sebab, segmen Poslog dan Pos Indonesia tidak sama.

’’Salah satu layanan kami adalah same day service,’’ kata Rahmat.

Layanan itu memungkinkan barang sampai ke alamat tujuan pada hari yang sama dengan pengiriman. Layanan jenis itu tidak tersedia di perusahaan induk.

Selain mengembangkan bisnis baru, Poslog memperkuat bisnis lamanya lewat kerja sama dengan PT Pertamina Lubricants (anak perusahaan PT Pertamina).

Poslog mendistribusikan produk PT Pertamina Lubricants di wilayah Bali, NTB, NTT, Kalimantan, Sulawesi, Ambon, dan Papua.

’’Kami melihat Poslog punya kompetensi kelola kelogistikan. Kerja sama ini tak sekadar efisien, tapi juga menurunkan cost effectiveness,’’ ucap Vice President Distribution PT Pertamina Lubricants Abdul Hafid Rasjid.

Semula, kerja sama pendistribusian hanya mencakup wilayah Kalimantan.

Namun, karena potensial, cakupannya diperluas hingga Sulawesi, Maluku, dan Papua. (res/c17/hep)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Serikat Pekerja Gugat Manajemen PT Pos Indonesia


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler