Membuang Bayi di Tempat Pembuangan Sampah, Mahasiswi Ini Ditangkap Polisi

Jumat, 21 Juni 2024 – 07:19 WIB
Kapolres Magelang Kota AKBP Herlina menunjukkan salah satu barang bukti kasus pembuangan bayi di tempat pembuangan sampah sementara. ANTARA/HO - Polres Magelang Kota

jpnn.com, MAGELANG - Seorang mahasiswi berinisial SYK (20) ditangkap polisi dari Polres Magelang Kota terkait kasus penemuan bayi di tempat pembuangan sampah, di Magelang Utara, Kota Magelang.

Mbak SYK ditangkap polisi pada hari yang sama saat penemuan bayi perempuan tersebut.

BACA JUGA: Setelah 2 Tahun Polisi Tangkap Pelaku Pembunuhan Mahasiswi di Kota Malang

"Dalam waktu lima jam setelah penemuan (bayi), tersangka teridentifikasi dan saat ini sedang menjalani pemeriksaan intensif," kata Kapolres Magelang Kota AKBP Herlina di Magelang, Kamis (20/6).

Tersangka berinisial SYK (20), seorang mahasiswi di Jawa Tengah, saat ini sedang menjalani observasi kejiwaan di rumah sakit jiwa.

BACA JUGA: Nasib Pegi Setiawan di Kasus Vina, Irjen Sandi Singgung Nama Robi Irawan

"SYK sedang menjalani observasi di rumah sakit jiwa dan kami telah mengamankan beberapa barang bukti dalam kasus ini," ucap Kapolres.

Peristiwa pembuangan bayi itu terjadi pada tanggal 30 Mei 2024, di tempat pembuangan sampah sementara Kampung Kluyon, Kelurahan Kramat Utara, Kecamatan Magelang Utara, Kota Magelang.

BACA JUGA: Kisah SN Bikin Laporan Palsu Begal Gegara Takut Dimarahi Istri, Pemicunya, Alamak

SYK dijerat dengan Pasal 80 Ayat (3) dan (4) Jo Pasal 76C UU Perlindungan Anak, serta Pasal 341 KUHP dengan ancaman pidana maksimal tujuh tahun penjara.

Kronologi kejadian bermula ketika petugas kebersihan menemukan bungkusan plastik kresek hitam yang dilakban saat sedang membersihkan lokasi.

Ketika dibuka petugas kebersihan, bungkusan tersebut ternyata berisi bayi perempuan yang sudah tidak bernyawa.

Petugas itu lantas melaporkan temuan tersebut kepada Bhabinkamtibmas dan Tim Polres Magelang Kota segera melakukan olah TKP.

Berdasarkan pemeriksaan medis, diketahui bahwa bayi perempuan tersebut sudah meninggal dunia.

Di lokasi kejadian juga ditemukan beberapa potong kain dan celana panjang yang diduga milik tersangka.

Kasus ini menjadi perhatian serius bagi masyarakat Kota Magelang dan Polres Magelang Kota berharap tidak ada lagi kasus serupa di wilayahnya.(ant/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler