Menaker Apresiasi Pemberian Penghargaan pada Perusahaan yang Penuhi Hak Pekerja Wanita

Senin, 05 Juni 2023 – 16:08 WIB
Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) RI, Ida Fauziyah. Foto: Tim HerStory.co.id

jpnn.com, JAKARTA - Perkembangan peran wanita dalam sektor profesional membuat pentingnya pemberdayaan dan kesetaraan gender.

Hal ini telah diatur dalam perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, dan evaluasi seluruh kebijakan serta program pembangunan nasional untuk meningkatkan kualitas hidup wanita.

BACA JUGA: Menaker Ida Fauziyah Minta Perusahaan Komitmen Cegah Kekerasan Seksual di Tempat Kerja

Demi mencapai tujuan industri profesional inklusif, penyediaan fasilitas serta pemenuhan hak untuk pekerja wanita penting diterapkan.

Pemenuhan hak penyediaan fasilitas di kantor diduga dapat berkontribusi terhadap angka tingkat partisipasi angkatan kerja wanita.

BACA JUGA: Menaker Ida Fauziyah Beber Upaya Kemnaker Melindungi Pekerja Perempuan

Dalam upaya pemberdayaan wanita di sektor industri profesional, HerStory.co.id memberikan penghargaan kepada perusahaan terbaik di Indonesia yang telah berupaya sebaik mungkin memenuhi fasilitas dan hak pekerja wanita.

Melalui penghargaan “Indonesia Best Workplace for Women Awards 2023: Bring Inspirational in the World to Bridging the Gap with Inclusivity”, HerStory meyakini perusahaan terbaik di setiap sektor industri dapat terus mendukung kesetaraan gender dan pemberdayaan wanita.

BACA JUGA: 5 Cara Mendorong Kesetaraan Gender dalam Perusahaan Versi Grant Thornton

Pemimpin Redaksi HerStory, Clara Aprilia Sukandar mengungkapkan sebagai media yang berfokus pada isu dan pemberdayaan wanita, perusahaannya menaruh perhatian cukup besar pada ranah tersebut.

Clara menjelaskan jika dilihat dari Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK) wanita terus meningkat dari tahun ke tahun. Meskipun tak bisa dipungkiri, angka tersebut masih berada di bawah TPAK pria.

"Kenaikan angka TPAK dari tahun ke tahun menjadi salah satu bukti bahwa peran perempuan semakin dilihat dan diakui di dunia kerja," kata Clara dalam Indonesia Best Workplace for Woman Awards 2023: Bring Inspirational in the World to Bridging the Gap with Inclusivity, yang digelar secara virtual, baru-baru ini.

Berdasarkan data dari Sakernas, gap antara persentase TPAK di bidang formal antara laki-laki dan perempuan sudah tak begitu timpang.

"Pada 2022 TPAK perempuan di bidang formal sebesar 35,57 persen, sedangkan laki-laki berada di 43,97 persen," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) RI, Ida Fauziyah mengapresiasi terselenggaranya Indonesia Best Workplace for Woman Awards 2023: Bring Inspirational in the World to Bridging the Gap with Inclusivity.

Menurut Ida, keadilan kesetaraan gender merupakan salah satu Hak Asasi Manusia dalam memutuskan pilihan hidup.

"Award ini bertujuan mendapat penghargaan terhadap perusahaan terbaik di Indonesia yang telah berupaya sebaik mungkin dalam penyediaan fasilitas dan pemenuhan hak bagi pekerja wanita baik di lingkungan perusahaan maupun masyarakat secara umum," tuturnya. (mcr31/jpnn)


Redaktur : Djainab Natalia Saroh
Reporter : Romaida Uswatun Hasanah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler