Menanti Slumdog Panen Oscar

Senin, 23 Februari 2009 – 06:37 WIB
HOLLYWOOD - Kodak Theater siap menyambut undangan perhelatan Academy Awards Ke-81 hari iniKarpet-karpet sudah dibersihkan dan jalan-jalan di seputar venue even prestisius yang memperebutkan trofi Oscar itu sudah ditutup untuk umum.

Pertanyaan soal siapa yang pulang dengan piala Oscar bakal segera terjawab

BACA JUGA: Sentuhan Perfect Perhelatan Oscar

Aroma kemenangan berpusat pada Slumdog Millionaire
Meski hanya menyabet sepuluh nominasi, kalah 13 nominasi dari film drama The Curious Case of Benjamin Button, film besutan Danny Boyle itu sudah pulang dengan berbagai penghargaan.

Dukungan kemenangan Slumdog tak lepas dari tema film itu sendiri

BACA JUGA: Ikon Rokok Menuai Kritik

Berdasar pengamat film, Slumdog sudah menghibur berbagai lapisan masyarakat yang menontonnya
Mulai yang miskin sampai kaya.

Padahal, Slumdog nyaris tidak ikut pertarungan Oscar

BACA JUGA: Kemampuan Adalah Kekuatan Agnes

Selain berbujet rendah dan tidak memasang bintang-bintang besar, sebagian besar dialog di dalamnya menggunakan bahasa India"Itu bakal menjadi nomine film terbaik berbujet rendah sepanjang sejarah perhelatan Oscar," terang William Hill, pengamat sekaligus penulis buku asal InggrisYang terpenting, film tersebut hampir tidak rilis di Amerika Serikat (AS) pada 2008Padahal, untuk bisa ikut Oscar Ke-81 tahun ini, sebuah film harus rilis di AS pada 2008.

Namun, apakah Slumdog akan benar-benar membawa pulang gelar film terbaik? Jawabannya masih harus menunggu sejenak lagi"Hanya teori bila Hollywood cuma datang, duduk, dan menyaksikan siapa yang menang atau kalahMereka juga punya harapanSepertinya, kemenangan Slumdog akan membuat musim penghargaan tahun ini semakin sempurna," ulas Rupert Adams, pengamat film kepada AFP.

Bahkan, begitu besarnya perhatian terhadap Slumdog, berita mengenai perhelatan Oscar seolah tenggelamTerutama kemungkinan apakah host yang dipilih penyelenggara, Hugh Jackman, mampu menghidupkan suasana dan mencegah rating perhelatan Oscar semakin anjlok.

Produser Oscar Bill Condon dan Laurence Mark yakin seratus persen bahwa Jackman bakal membawa Oscar ke level yang lebih baik"Dia (Jakman, Red) adalah bintang yang sudah terbukti bisa mengemas hiburanDia tahu bagaimana menjualnya sekaligus," tegas Tom O'Neil, kolumnis dari situs TheEnvelope.com.

Tahun-tahun sebelumnya, komedian Jon Stewart dan Chris Rock mampu menghangatkan suasanaTetapi, penonton Oscar terus terjun bebasPada 2008 pemirsa Oscar mencapai rekor terendah sepanjang sejarah, yakni berada di angka 32 jutaAngka itu turun dari 40 juta penonton pada 2007(tia)

BACA ARTIKEL LAINNYA... HBK Jilid 2 Segera Diproduksi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler