Mencoblos di TPS Senayan, Mentan Amran Bilang Begini

Rabu, 14 Februari 2024 – 20:26 WIB
Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2024 di TPS Senayan, Jakarta Selatan, Rabu (14/2/2024). Foto: dok Kementan

jpnn.com, JAKARTA PUSAT - Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2024 di TPS Senayan, Jakarta Selatan, Rabu (14/2/2024).

Dia mengatakan program pangan yang sudah berjalan di era pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dapat dilanjutkan pada pemerintahan yang akan datang.

BACA JUGA: Kementan Menyosialisasikan Tata Cara Pengujian Mutu Pupuk

Hal itu diungkapkan Mentan Amran pada saat TPS Kelurahan Senayan, Kecamatan Kebayoran, Jakarta Selatan, Rabu, (14/2).

Menurut dia, semua program yang ada saat ini memiliki perkembangan yang sangat cepat dalam sejarah pertanian Indonesia.

BACA JUGA: Demi Swasembada Pangan, Kementan Tingkatkan Produksi Padi & Jagung

"Mohon untuk dilanjutkan pembangunan yang sudah bagus ini. Sektor pertanian tumbuh lebih baik di masa pemerintahan Presiden Joko Widodo," ujar Mentan Amran.

Menurut Mentan, Presiden Jokowi berhasil membawa Indonesia menjadi juara dimana beberapa kali mencapai swasembada. Antara lain tahun 2017, 2018 dan juga tahun 2020.

BACA JUGA: Kementan & Bapanas Ajak Stakeholder Sambut Panen Raya 2024

Semua prestasi tersebut tidak mudah karena saat itu Indonesia dihantam tantangan el nino, covid 19, dan juga krisis global lainya.

"Kami dulu swasembada tiga kali, nah ke depannya bukan lagi swasembada tetapi mimpi besar kita adalah ekspor untuk memberi pangan kepada dunia," katanya.

Selain swasembada, Mentan juga menyampaikan bahwa pergerakan pangan nasional dalam mewujudkan Indonesia lumbung pangan dunia terus berjalan ke arah yang sudah ditentukan.

Salah satunya melalui optimasi lahan rawa dan pemanfaatan mekanisasi.

"Mimpi besar kita adalah menjadi lumbung pangan dunia sektor pertanian lebih baik lagi dan menjadi lumbung pangan di masa yang akan datang," jelasnya.

Diketahui, Kementerian Pertanian saat ini tengah menggencarkan program optimasi lahan rawa mineral untuk peningkatan dua komoditas padi dan jagung sebagai komoditas strategis masa depan bangsa. (jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Usut Kasus Korupsi Kementan, KPK Panggil Anak SYL Indira Thita


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Dedi Sofian, Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler