Mendagri Dorong Reformasi Perangkat Desa

Jumat, 19 Mei 2017 – 07:45 WIB
Mendagri Tjahjo Kumolo. Foto: Humas Kemendagri/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Implementasi Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa ( UU Desa) belum berjalan baik.

Meski berlaku secara nasional, di sejumlah daerah masih banyak ditemui perbedaan dalam pelaksanaannya di lapangan.

BACA JUGA: Usulan Perangkat Desa jadi PNS Masih Pro Kontra

’’UU Nomor 6 (UU Desa) tidak ditaati secara penuh oleh kepala daerah,” ujar Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo kemarin (18/5).

Menurut Tjahjo, berdasar laporan Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) pekan lalu di Tulungagung, salah satu ketidaksesuaian terjadi dalam pemberhentian perangkat desa.

BACA JUGA: Cewek Pengecam Jokowi Sampaikan Klarifikasi Lagi ke Mendagri

Dalam pasal 53 ayat 2 huruf A disebutkan bahwa pemberhentian dilakukan ketika berusia 60 tahun. Tapi, dalam realitasnya, banyak yang diberhentikan sesukanya oleh kepala desa.

Selain itu, lanjut Tjahjo, kontroversi terjadi terkait kesetaraan status perangkat desa. Di beberapa daerah terjadi perbedaan yang membuat kecemburuan.

BACA JUGA: Mendagri Tunggu Niat Baik Vero Si Pengecam Jokowi di Depan Ahoker

’’Di Jatim (Jawa Timur) itu misalnya, masa jabatan masih beda-beda (PNS dan non-PNS). Itu membuat kecemburuan,” katanya.

Dia mengakui, perbedaan penataan yang dilakukan pemerintah daerah kepada perangkat memang bernuansa politik.

Pasalnya, dalam konteks momen kontestasi politik daerah seperti pilkada, perangkat daerah kerap dimanfaatkan sebagai ujung tombak pemenangan.

Karena itu, Tjahjo mencanangkan reformasi terkait implementasi teknis UU Desa. Khususnya terhadap norma terkait perangkat desa. Hanya, dia belum memastikan bagaimana teknisnya.

Dia berdalih akan mengomunikasikannya dengan pihak istana. ’’Saya sudah lapor ke Bapak Presiden perlu reformasi perangkat desa, tetapi belum diputuskan,” imbuhnya.

Disinggung soal potensi mengubah status perangkat desa menjadi PNS yang banyak dituntut, politikus PDIP itu belum bisa memastikan.

Dia beralasan masih ada sejumlah persoalan yang harus dikaji. Terkait anggaran, misalnya. Mendagri menilai belum memungkinkan.

Pasalnya, total perangkat desa di Indonesia mencapai 74 ribu orang sehingga menuntut ketersediaan anggaran yang tidak sedikit. (far/c17/owi)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ahoker Kecam Rezim Jokowi Parah, Pantas Mendagri Tjahjo Marah


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler