Mendagri Yakin Tak Bakal Ada 'Boneka' di Pilkada

Senin, 27 Juli 2015 – 19:58 WIB
Tjahjo Kumolo. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA -.Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengaku tidak hafal ke-13 daerah yang hingga saat ini hanya memiliki satu pasangan bakal calon kepala daerah, dari total 269 daerah yang akan melaksanakan pilkada 9 Desember mendatang.‎

Meski tidak hafal persis, Tjahjo mengatakan beberapa daerah yang sebelumnya punya satu pasangan bakal calon, kini sudah mendapat pesaing pasangan bakal calon lain. Contohnya seperti Tangerang 5elatan.

BACA JUGA: Politikus PAN Tegaskan DPR dan Pemerintah tak Berniat Hambat Pilkada

"Saya enggak hafal, yang jelas Surabaya sudah jalan. Kemudian kami ketemu PAN yang mengajukan ke Blitar, tapi tahu-tahu PAN enggak siap calon. Ini juga sudah muncul Tangsel calonnya sudah dua," ujar Tjahjo, Senin (27/7).

Karena itu Tjahjo mengaku optimistis pilkada serentak tahap pertama akan berjalan lancar. Karena hingga saat ini semua permasalahan yang sebelumnya disebut-sebut dapat mengganggu pilkada, dapat diatasi. Baik terkait belum cairnya anggaran pelaksanaan, pengawasan maupun pengamanan.

BACA JUGA: KPU Banyak Masalah, Pilkada tak Akan Maksimal

Saat ditanya apa jaminan pasangan calon yang mendaftar kemudian bukan calon boneka, mantan Sekjen DPP PDI Perjuangan ini mengatakan, tidak ada calon boneka.

"‎Kalau menurut saya, kalau calon ya calon. ‎Kalau ‎undang-undang harus calon. Bukan calon boneka. Saya kira partai tidak mungkin gegabah. Sama juga dulu ada anggapan pilkada akan gagal karena anggaran enggak cukup," kata Tjahjo.(gir/jpnn)

BACA JUGA: Pemerintah Belum Tertarik Bikin Perppu untuk Calon Tunggal Pilkada

BACA ARTIKEL LAINNYA... Petinggi PKB Sesalkan Pengrusakan Kantor DPC Tasikmalaya


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler