Menekan Polusi Udara, DLH DKI Mendorong Produsen Otomotif Menyediakan Uji Emisi Gratis

Rabu, 06 September 2023 – 20:37 WIB
Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Asep Kuswanto. Foto: Ryana Aryadita/JPNN.com.

jpnn.com - JAKARTA - Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta terus memperluas jangkauan layanan uji emisi bagi warga Jakarta.

DLH DKI Jakarta  berkolaborasi dengan produsen otomotif roda empat dan dua untuk memasifkan layanan uji emisi.

BACA JUGA: Terkait Polusi Udara, DLH DKI Setop Operasional 2 Perusahaan di Jakarta Utara

Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Asep Kuswanto, pelaksanaan uji emisi harus dilakukan semua pihak yang berkepentingan.

“Saya minta semua pihak khususnya produsen otomotif membantu pemerintah memperluas jangkauan masyarakat melaksanakan uji emisi, mungkin menggratiskan uji emisi pada layanan purnajual atau servis,” kata Asep dalam keterangannya, Rabu (6/9).

BACA JUGA: DLH Minta Bantuan Manggala Agni Memadamkan Kebakaran Lahan di TPA Sukawinatan Palembang

Dia menjelaskan bahwa hanya kendaraan yang berusia di atas tiga tahun yang sudah wajib melaksanakan uji emisi.

“Rata-rata garansi servis kendaraan baru di setiap bengkel resmi itu, kan, tiga tahun, nah, kami imbau khusus untuk uji emisi lebih dari itu,” ungkapnya.

BACA JUGA: Mantan Kepala DLH Kota Bandar Lampung jadi Tersangka Korupsi Retribusi Sampah

Asep berharap pelaksanaan uji emisi bisa dijangkau dengan luas oleh seluruh warga Jakarta sesegera mungkin.

PT Astra International Tbk turut melaksanakan uji emisi untuk kendaraan roda empat dan roda dua di 45 jaringan bengkel milik mereka.

Hal itu merespons langkah Pemprov DKI Jakarta dalam memperluas jangkauan uji emisi.

Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah mengatakan bahwa pihaknya siap membantu Pemprov DKI Jakarta dalam memasifkan uji emisi.

“Kami turut mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam mendukung pemerintah mengurangi dampak cuaca ekstrem yang terjadi di DKI Jakarta,” ucap Riza.

Pihaknya siap memfasilitasi uji emisi secara gratis untuk kendaraan para pelanggan di sejumlah bengkel diler Astra yang tersebar di berbagai wilayah Jakarta.

"Ada 45 bengkel diler Astra yang terintegrasi dengan DLH DKI Jakarta, tersebar di sejumlah titik yang dapat melayani uji emisi kendaraan pelanggan Astra secara gratis dengan melakukan reservasi terlebih dahulu," tuturnya.

Lokasi uji emisi gratis tersebut tersebar di bengkel Auto2000, Astra Daihatsu, Astra Isuzu, Astra UD Trucks, Astra Peugeot, BMW Astra, Lexus dan Astra Motor.

Selain itu, terdapat tiga outlet Astra Otoservice dan dua outlet Shop and Drive yang juga siap melayani pelanggannya untuk uji emisi kendaraan secara gratis mulai 4 September hingga 31 Desember 2023. (mcr4/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:


Redaktur : M. Kusdharmadi
Reporter : Ryana Aryadita Umasugi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler