Menezes Renovasi Tim Samba

Coret 19 Pemain PD 2010

Rabu, 28 Juli 2010 – 09:47 WIB
BARU - Mano Menezes, pelatih terbaru Brazil, saat memperlihatkan jaket tim Samba kepada wartawan, dalam jumpa pers di Rio de Janeiro, Senin (26/7). Foto: Xinhua/Reuters.
SAO PAULO - Pelatih baru identik dengan kebijakan baruItu pula yang dilakukan arsitek anyar Brazil Mano Menezes jelang uji coba melawan Amerika Serikat (AS) pada 11 Agustus mendatang

BACA JUGA: Pedrosa Belum Tentu Bertahan

Tidak tanggung-tanggung, dia mencoret 19 pemain yang tergabung dalam skuad Samba - julukan Brazil - di Piala Dunia 2010
Sebagai gantinya, dia memasukkan nama-nama pemain muda, yang 10 di antaranya merupakan pemain klub lokal Brazil.

Itu berarti, dari 23 nama yang dibawa oleh Carlos Dunga di Piala Dunia lalu, hanya tersisa empat nama

BACA JUGA: Maradona Tingggalkan Tango

Mereka adalah defender Barcelona Daniel Alves, gelandang Benfica Ramires, bek tengah AC Milan Thiago Silva, dan striker Santos Robinho
Pemain berstatus bintang macam Kaka, Luis Fabiano, dan Douglas Maicon pun tidak masuk daftar.

Sebaliknya, nama-nama yang ditinggalkan Dunga seperti penyerang AC Milan Alexandre Pato dan striker Santos Neymar kali ini masuk skuad

BACA JUGA: Fabregas Capai Deal Personal

Sebelum Piala Dunia lalu, Dunga banyak dikecam lantaran mencoret dua penyerang muda itu.

"Ini adalah awal dari rangkaian renovasi yang saya rencanakan," ungkap Menezes seperti dilansir Associated Press"Renovasi ini bakal terus berjalan sepanjang empat tahun ke depan dengan tujuan akhir Piala Dunia 2014Olimpiade London 2012 bisa menjadi tujuan antaraDari situ kami bakal mengevaluasi semuanya," papar dia.

Sinyal renovasi itu bisa dibaca sejak Menezes menerima tugas sebagai pelatih timnasDalam konferensi pers pertamanya, dia berjanji akan melakukan revolusi menyeluruhDi samping itu, dia juga ingin mengembalikan gaya sepak bola indah alias jogo bonito yang dilupakan Dunga.

"Terkait dengan niat saya mengembalikan jogo bonito, menurut saya ada beberapa cara untuk menang, dan saya menghormati semuanya," lanjut Menezes"Saya akan mencoba memilih cara yang memberikan kemungkinan terbesar untuk menangKalau itu bisa dilakukan dengan sepak bola indah yang disukai semua orang, bakal lebih bagus lagi," imbuhnya.

Menurut Menezes, dicoretnya 19 anggota skuad Piala Dunia bukanlah hukuman atas penampilan pas-pasan mereka di AfselNamun, semata untuk memberikan waktu istirahat yang cukupApalagi, pada awal Agustus mereka banyak menjalani agenda pramusim"Suatu saat mereka pasti saya panggil kembali ke timnas," janji pelatih berusia 48 tahun tersebut.

Selain mengumumkan daftar skuad, kemarin Menezes juga sekalian merilis skema baku tim asuhannyaBrazil akan tetap menggunakan pola 4-2-3-1 yang sukses diterapkan klub-klub Eropa dan sebagian besar kontestan Piala DuniaMenurut dia, sejauh ini skema tersebut terbukti fleksibel dan mampu melakukan penyerangan dari segala arah.

"Saya sudah mengadopsi skema itu sejak 2006 kala melatih GremioItu skema yang bisa dikembangkan sesuai keinginan," kata Menezes"Kami bisa sangat kuat di sektor depan, di sayap, tapi juga bisa langsung bertahan jika dibutuhkanDua gelandang bertahan juga bisa dipaksa maju ke depan jika sedang menyerangSangat komplet," paparnya.

Kendati berniat melakukan revolusi total, Menezes mengaku tidak akan membuang semua peninggalan DungaMenurut dia, tim bentukan Dunga sangat disiplin dalam defense, dan hal itu harus dipertahankanUntuk menghindari permainan pragmatis yang membosankan, dia hanya perlu menambahkan sentuhan agresif di lini tengah dan depan.

"Dunga menciptakan tim yang sangat displin berpegang pada taktikItu hal yang positifItu juga yang ingin saya lihat dari BrazilDengan banyaknya pemain bertalenta yang kami miliki, kami selalu punya kans besar untuk menang," tegasnya(na/ca/ito/jpnn)

Skuad Brazil untuk Uji Coba

Kiper: Jefferson (Botafogo), Renan (Avai), Victor (Gremio)
Belakang: Andre Santos (Fenerbahce), Daniel Alves (Barcelona), David Luiz (Benfica), Henrique (Racing Santander), Marcelo (Real Madrid), Rafael da Silva (Manchester United), Rever (Atletico Mineiro), Thiago Silva (AC Milan)
Tengah: Carlos Eduardo (Hoffenheim), Ederson (Lyon), Hernanes (Sao Paulo), Jucilei (Corinthians), Lucas Leiva (Liverpool), Paulo Henrique Ganso (Santos), Ramires (Benfica), Sandro (Internacional)
Depan: Andre (Santos), Neymar (Santos), Alexandre Pato (AC Milan), Robinho (Santos), Diego Tardelli (Atletico Mineiro)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Bianconeri Sibuk Cari Defender


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler