Mengenal Lebih Dekat Fitur Keselamatan Aktif dan Pasif di Xpander Cross

Selasa, 25 Oktober 2022 – 19:12 WIB
Mitsubishi Xpander Cross ditanami fitur keselamatan aktif dan pasif. Foto: ridho

jpnn.com, JAKARTA - Mitsubishi telah melengkapi Xpander Cross terbaru dengan sederet fitur keselamatan aktif maupun pasif.

Kelengkapan itu diharapkan dapat memberikan ketenangan kepada penggunanya saat berpetualang bersama keluarga.

BACA JUGA: Manfaatkan Fitur Eco Indicator di Mitsubishi Xpander Cross 2022

Beberapa fitur keselamatan tersebut antara lain RISE (Reinforced Impact Safety Evolution), Electronic Brake Distribution dengan Brake Assist, Hill Start Assist, Active Stability Control, dan Emergency Stop Signal, hingga Pedestrian Protection.

Selain itu, ada juga fitur keamanan pendukung seperti Multi-Around Monitor.

BACA JUGA: Mitsubishi Xpander Cross 2022 Memadukan Agresivitas SUV dan Top Grade Feeling

"Kami mempunyai unique selling point yang tidak dimiliki produk lain terlebih lagi dari aspek keamanan dan kenyaman, performa kami juga punya banyak keunggulan. Kalau bisa di-declare head to head dengan yang ada kami terbaik di kelasnya," ucap General Manager of Sales and Marketing Division PT MMKSI Amiruddin dalam siaran resmi, Selasa.

"Unique selling point lain juga sudah dijelaskan seperti fitur keamanan AYC yang sangat mendukung dan dari sisi nilai investasi kami sudah jelaskan ini adalah investasi yang kami lakukan."

BACA JUGA: Mau Tahu Soal Fitur AYC di New Xpander Cross? Simak Penjelasan Rifat Sungkar

Perihal fitur keselamatan pasif, RISE (Reinforced Impact Safety Evolution) merupakan teknologi struktur rangka bodi yang dibuat dari High Tensile Metal sehingga bagian dalam kabin terlindungi dari benturan karena rangkanya lebih kuat.

RISE merupakan kesatuan antara bodi dan sasis untuk meningkatkan kenyamanan berkendara.

Dalam tabrakan hebat, fitur RISE menjaga bentuk interior tetap utuh, sehingga kemungkinan tingkat keselamatan pada penumpang menjadi lebih besar.

Selain itu, fitur Pedestrian Protection merupakan struktur peredam energi benturan di kap mesin, bumper, dan fender untuk minimalisir deformasi akibat benturan serta minimalisir cedera bagi pejalan kaki.

Fitur itu mampu menekan dampak kecelakaan terhadap pejalan kaki melalui built impact-absorbing di material kap mesin dan bumper depan.

Dalam kasus ketika terjadi tabrakan, cidera diminimalkan dengan bentuk depan yang akan membulat dan terbuat dari bahan non-logam.

Selanjutnya fitur keselamatan aktif yang dapat menghindari terjadinya risiko fatal ketika terjadi kecelakaan atau, bahkan mencegah agar Anda terhindar dari kecelakaan itu sendiri.

Misalnya ketika berkendara di guyuran hujan yang membuat kondisi jalan menjadi licin.

Tentu faktor kualitas ban mobil menjadi penting, tetapi jika ditunjang dengan fitur keselamatan aktif dapat membuat perjalanan Anda lebih aman.

Fitur pada mobil Mitsubishi seperti antilock braking system (ABS), brake assist (BA), electronic brake force distribution (EBD), traction control (TC), active stability control (ASC), dan hill start assist control (HSA) akan bekerja secara maksimal yang diatur melalui komputerisasi pada ECU mobil.

Pertama dari fitur ABS, EBD, dan BA yang tersedia di Xpander, Xpander Cross, Triton, Pajero Sport dan juga Outlander PHEV.

Fitur itu bekerja saling bahu membahu sehingga rem tidak mengunci ketika harus melakukan pengereman keras atau saat melintasi lintasan licin.

Fitur lain yang dapat membantu pengemudi ialah HSA yang mengaktifkan rem secara otomatis selama beberapa detik saat akan melaju di jalanan menanjak sehingga mobil tidak bergerak mundur.

Kemudian seperti Emergency Stop Signal (ESS) yang berguna saat Anda berhenti mendadak di kecepatan tinggi.

Fitur ini akan memberi tanda pada kendaraan lain baik di depan, belakang maupun samping, yaitu semua lampu hazard akan menyala berkedip-kedip jika pengemudi mengerem secara mendadak. 

Active Yaw Control (AYC)

Paling anyar, Xpander Cross fitur AYC yang mampu meningkatkan keamanan saat menikung.

"AYC secara optimal mengontrol rem dan ban sehingga lebih aman saat menikung," ujar Amiruddin.

AYC dapat meningkatkan performa menikung dengan menyesuaikan gaya pengereman pada roda depan untuk mengoptimalkan kestabilan kendaraan saat bermanuver secara cepat atau di jalan yang licin.

Fitur yang pertama kali digunakan pada Mitsubishi Lancer Evo itu beroperasi bersamaan dengan fitur Anti-lock Braking System (ABS) dan Active Stability Control (ASC).

Pengemudi juga bisa melihat kinerja AYC di meter cluster Xpander Cross untuk menunjukkan seberapa efektif fitur itu bekerja. (rdo/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Menyiksa Mitsubishi Xpander Cross 2022 di Berbagai Rintangan


Redaktur & Reporter : M. Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler