Menhub Beber Capaian Pembangunan di Sumsel

Sabtu, 17 November 2018 – 21:17 WIB
Menhub Budi Karya bersama Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru dalam dialog nasional di Banyuasin. Foto: Istimewa

jpnn.com, BANYUASIN - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru menyampaikan capaian pembangunan yang telah dikerjakan selama 4 tahun oleh pemerintah.

Dialog nasional yang dihadiri 1.100 peserta mayoritas generasi milenal dari beberapa pesantren, perguruan tinggi, taruna sekolah ASDP dan calon pramugari itu berlangsung interaktif.

BACA JUGA: Menhub Sebut KA Bandara Solo Siap Beroperasi Tahun Depan

Salah satu yang disampaikan Menhub adalah soal massifnya pembangunan, baik tol maupun infastuktur lainya. Bahkan kepada peserta, Menhub mengaku sengaja menumpang helikopter menuju lokasi acara bersama Gubernur Sumsel.

Hal ini untuk melihat langsung lalu lintas di Palembang, titik mana saja yang masih kerap terjadi kemacetan sekaligus ingin memastikan pembangunan jalan tol Betung.

BACA JUGA: Menko PMK & Menhub Beber Capaian Positif Pemerintahan Jokowi

"Pemerintah dalam kurun waktu tiga tahun 2015 sampai 2018 telah membangun 511 kilometer jalan tol, sementara selama 36 tahun sejak 1978 hingga 2014 hanya 748,47 kilometer jalan tol," kata Menhub Budi Karya dalam acara yang digelar di aula sebaguna Sedulang Setudung Banyuasin, Sabtu (17/11).

“Kenapa bisa cepat, karena setiap saat dicek pengerjaannya oleh Presiden untuk memastikan,” sambung Menhub Budi Karya.

BACA JUGA: Sebagai Regulator Langkah Menhub Dinilai Sudah Tepat

Khususnya di Kabupaten Banyuasin, kata Budi, pemerintah akan membuatnya sebagai contoh model transportasi sungai bagi seluruh wilayah yang ada di Indonesia.

“Jadi bagaimana pelabuhannya, kapalnya, maksud pemerintah adalah bagaimana Banyuasin itu produktif,” ujarnya.

Mantan Dirut Angkasa Pura II itu menambahkan, pemerintah Provinsi Sumatera Selatan juga telah bersepakat dengan Kementerian Pertanian untuk membuka 100 ribu hektare sawah khusus di Kabupaten Banyuasin.

Sementara, Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru mengakui, telah banyak bantuan yang diberikan oleh pemerintah pusat untuk masyarakat Sumsel. Seperti 32 unit bantuan Bus Rapid Transit (BRT), pelabuhan Tanjung Siapi-api yang tinggal menunggu waktu untuk dapat dioperasikan.

Belum lagi, sambung Herman, tiga tol baru yang akan dibangun pada 2019, yakni Indralaya - Muara Enim sepanjang 110 kilometer, Muara Enim- Lahat - Lubuk Linggau sepanjang 125 kilometer dan Lubuk Linggau - Bengkulu sepanjang 95 kilometer.

“Tidak cukup waktu untuk menguraikan satu persatu bantuan yang sudah diberikan pemerintah untuk kita, begitu banyak Sumsel ini mendapat perhatian dari pemerintah pusat,” kata Herman.(jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Direktur Teknik Diberhentikan, Lion Air Tunjuk Plt Baru


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler