Menhub Setujui Aktivasi Bandara Gatot Subroto Way Kanan, Pj Gubernur Sumsel: Bahagia Sekali

Senin, 11 Maret 2024 – 11:34 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyetujui reaktivasi bandara Gatot Subroto Way Kanan.Foto: dok Kemenhub

jpnn.com, JAKARTA - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan sekaligus Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Keuangan Daerah (Keuda) Agus Fatoni melakukan audiensi dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Pertemuan itu membahas reaktivasi Bandara Gatot Subroto Way Kanan di Kantor Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Jakarta, Selasa (5/3/2024).

BACA JUGA: Agus Fatoni Usul Buka Rute Penerbangan Palembang-Bali, Menhub Budi Bilang Begini

Menhub Budi pun menyetujui reaktivasi bandara tersebut.

Dia bahkan mengupayakan ketersediaan pesawat ATR guna mendukung percepatan reaktivasi bandara.

BACA JUGA: Usut Kasus Korupsi Kereta Api, KPK Bakal Panggil Menhub Budi Karya

“Kami akan upayakan percepatan reaktivasi Bandara Gatot Subroto Way Kanan akan segera beroperasi untuk komersil kembali,” kata Menhub Budi.

“Ini jadi bisa silakan dilakukan saja reaktivasi aja. Itu berita baiknya ya,” sambungnya.

BACA JUGA: Menhub Budi Menargetkan Bandara IKN Diuji Coba Juli 2024

Dalam kesempatan yang sama, Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni menyambut baik opsi dari Menhub Budi Karya Sumadi.

Dia berharap reaktivasi Bandara Gatot Subroto akan kembali beroperasi sebelum Hari Raya IdulFitri 1445 mendatang.

“Bahagia sekali kami. Mudah-mudahan sebelum lebaran sudah bisa beroperasi,” ucap Fatoni.

Dia mengatakan dalam audiensi kali ini seluruh Kepala Daerah baik itu di Provinsi Sumatera Selatan dan Lampung yang berdekatan dengan lokasi Bandara Gatot Subroto Way Kanan hadir langsung.

Hal itu sebagai bentuk komitmen nyata dari mereka guna mewujudkan rencana reaktivasi bandara tersebut.

“Ini lengkap semua Bupati yang hadir sebagai bentuk komitmen, kami juga sudah melakukan MoU dengan mereka,” kata Fatoni.

“Kebetulan juga dari Kemendagri mengawal ini terus, waktu itu juga saya kebetulan selaku Dirjen Keuangan Daerah tau cara menganggarkannya walaupun belum ada anggarannya itu bisa dianggarkan melalui BTT Pak, itu bisa dialokasikan. Jadi, saya minta dari Bapak-bapak Bupati, Kadishub Provinsi segera menggeser anggaran dengan Perubahan Peraturan Kepala Daerah terkait BTT ini dan surat dari Kemendagri sudah disiapkan untuk pergeseran anggaran ini,” sambungnya.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya mengaku Pemerintah Kabupaten Way Kanan sudah menyiapkan anggaran khusus untuk percepatan reaktivasi Bandara Gatot Subroto Way Kanan.

“Jadi, kami sudah banyak membangun kantor yang baru untuk keberangkatan dan kedatangan. Kami sudah dianggarkan, kami ready anggarannya. Kami prinsipnya siap,” kata Adipati.

Kemudian, Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) Timur Lanosin juga sangat berharap pengaktifan kemballi Bandara Gatot Subroto Way Kanan.

Hal ini karena Kabupaten OKU Timur nantinya akan mendapatkan keuntungan dari seluruh penerbangan yang ada.

“Jadi, atas yang diprakarsai tempo dulu OKU Timur siap, bahwasanya OKU Timur lah yang dapat berkah dari semua penerbangan yang ada. Saya mohon izin untuk segera dioperasikan,” ucapnya.

Selain itu, Bupati OKU Teddy Meilwansyah berharap pada Kementerian Perhubungan untuk dapat menghibahkan shuttle menuju Bandara Gatot Subroto Way Kanan jika sudah beroperasi kembali.

Senada dengan hal tersebut, Bupati OKU Selatan Popo Ali Martopo mengaku siap berkomitmen dan mendukung semaksimal mungkin dikarenakan demi kebutuhan masyarakat luas juga mempromosikan wisata di daerah tersebut.

“Wisata OKU Selatan, yaitu Danau Ranau sangat indah sekali namun permasalahannya adalah terkait transportasi. Besar harapan kami dengan adanya bandara ini membuat wisata lebih bagus. Ada bendungan Tiga Dihaji, insya Allah tahun ini bendungan akan selesai,” kata Popo. (jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... KPK Sinyalir Panggil Menhub Budi Karya dalam Kasus Korupsi Perkeretaapian


Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler