Menjelang Nataru, Telkomsel Siapkan Puluhan Ribu BTS 4G Terbaru

Selasa, 20 Desember 2022 – 00:20 WIB
Telkomsel memastikan akan menghadirkan layanan yang siap digunakan oleh pelanggannya dalam menyambut momen Nataru. Foto: dok Telkomsel

jpnn.com, JAKARTA SELATAN - Telkomsel memastikan akan menghadirkan layanan yang siap digunakan oleh pelanggannya dalam menyambut momen Natal 2022 dan tahun baru 2023 (Nataru).

Hal itu ditunjukkan dengan kesiapan dukungan infrastruktur konektivitas dan layanan digital terdepan.

BACA JUGA: Gandeng Jejakin, Telkomsel Meluncurkan Program Jejak Karbon

Direktur Network Telkomsel Nugroho mengatakan setiap akhir tahun aktivitas masyarakat akan meningkat di berbagai sektor, mulai dari transportasi, perdagangan, entertaiment, dan perdagangan.

Menurut dia, meningkatnya beragam aktivitas itu juga didorong oleh adopsi dan transportas digital yang semakin masif.

BACA JUGA: Telkomsel Takkan Lolos, KPK Sudah Mengawasi, Kali Ini Lebih Detail dari Penyelidikan

"Kombinasi kedua itu akan berimbas pada pertumbuhan trafik di jaringan Telkomsel," Nugroho dalam pers conference di Gedung Telkomsel, di Jakarat Selatan, Senin (19/12).

Dalam mengantispasi pertumbuhan tersebut, kata dia, Telkomsel mempersiapkan sejumlah hal.

BACA JUGA: Keren, Telkomsel Hadirkan Showcase 5G di Puncak KTT G20, Lihat tuh

Salah satunya melakukan identifikasi pusat keramaian atau point of interest (POI) berdasarkan traffic yang terdeteksi.

"Kami menyiapkan 493 POI terdiri 363 special area (mal, alun-alun), 59 transportasi (bandara, pelabuhan, stasiun), 47 pemukiman, 21 rute mudik, 2 tempat ibadah, dan 1 rumah sakit," tuturnya.

Dia menambahkan selama Nataru tahun ini diproyeksikan akan mengalami lonjakan trafik layanan data (payload) sebesar 17,6 persen dibandingkan dengan rerata hari biasa.

Dia memprediksi total payload mencapai 52,5 petabyte atau tumbuh 19,1 persen dibandingkan dengan periode Nataru tahun sebelumnya.

Proyeksi pertumbuhan layanan data tersebut diperkirakan akan didorong oleh lonjakan pada sejumlah pemanfaatan akses layanan berbasis digital, mulai dari media sosial, komunikasi (instant messaging dan video conference), dan layanan streaming video.

Telkomsel melakukan sejumlah optimalisasi kapasitas dan kualitas jaringan pada 493 titik wilayah prioritas di seluruh Indonesia, di antaranya 363 area spesial (seperti alun-alun dan pusat perbelanjaan), 59 titik pemberangkatan transportasi umum, 21 titik jalur utama mudik, 47 area residensial, 1 rumah sakit pusat penanganan COVID-19, dan 2 tempat ibadah.

Lebih lanjut, Nugroho mengatakan Telkomsel telah mengintegrasikan hingga 25.000 unit BTS 4G/LTE baru, menyiagakan tambahan 61 unit Compact Mobile BTS (COMBAT), dan meningkatkan kapasitas internet gateway hingga 9,212 Gbps.

"Kami juga melakukan optimalisasi network coverage lebih dari 196.000 BTS 4G/LTE se-Indonesia dan melaksanakan pemantauan 24 jam," kata Nugroho. (ddy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... KPK Buka Peluang Seret Pihak Telkomsel ke Persidangan Bupati Abdul Gafur


Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler