Menjelang Tahun Baru, Ini 11 Rekomendasi Makanan untuk Mengatasi Hangover

Selasa, 31 Desember 2019 – 22:31 WIB
Perayaan malam tahun baru. Foto: Ist for JPNN

jpnn.com - Banyak orang yang merayakan tahun baru sembari ditemani minuman beralkohol. Tak jarang pula yang meminumnya berlebihan hingga mabuk, sehingga mengalami hangover saat bangun pagi.

Untuk mengusir hangover, ada beberapa pilihan makanan yang bisa Anda konsumsi. Apa saja?

BACA JUGA: Khusus Dewasa! 6 Jurus Ampuh Mengatasi Hangover

Hangover adalah sekumpulan gejala yang umum terjadi akibat terlalu banyak minum minuman beralkohol. Gejala yang timbul bisa bervariasi, seperti sakit kepala, badan lemas, dan iritabilitas. 

Mual dan terus-menerus merasa haus juga umum dialami. Tingkat keparahan gejala umum berkorelasi dengan banyak alkohol yang dikonsumsi pada malam sebelumnya.

BACA JUGA: 6 Tips Mengatasi Hangover

Makanan penyelamat untuk mengatasi hangover

Biasanya, hangover bisa hilang sendiri setelah cukup istirahat. Namun, gejala-gejalanya tetap bisa mengganggu aktivitas. Jangan sampai hangover mengganggu hari pertama di tahun baru, segera atasi dengan mengonsumsi makanan ini.

BACA JUGA: Asyik, Transjakarta Beroperasi 24 Jam Saat Pergantian Tahun Baru 2020

1. Telur
Minuman beralkohol dapat mengurangi jumlah antioksidan glutation di dalam tubuh. Bila kadarnya berkurang, maka jantung akan berdebar-debar dan mulut menjadi kering.

Kabar baiknya, telur kaya akan sistein, yakni asam amino yang digunakan tubuh untuk menghasilkan glutation.

“Telur kaya akan asam amino sistein dan taurin yang akan membantu kerja hati Anda. Sistein akan memecah asetaldehida yang merupakan senyawa sisa setelah etanol dalam minuman Anda diproses oleh hati.

Asetaldehida inilah yang menyebabkan nyeri kepala saat hangover terjadi. Taurin, di sisi lain, dapat meningkatkan kerja hati dan mencegah penyakit hati,” demikian penjelasan dari dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dari KlikDokter.

2. Alpukat
Minuman beralkohol memiliki efek diuretik, sehingga membuat tubuh Anda kehilangan elektrolit. Konsumsi alpukat dapat memberikan tubuh asupan kalium yang dibutuhkan tubuh.

Bahkan, para peneliti di Jepang telah menemukan lima senyawa dalam alpukat yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan organ hati.

3. Bubur atau Oatmeal

Ingin sesuatu makanan yang biasa disajikan pada pagi hari? Bubur adalah jawabannya. Namun, untuk menghilangkan efek mabuk, bubur yang disarankan adalah yang mengandung karbohidrat kompleks, misalnya oatmeal.

Oatmeal dapat melepaskan gula secara lambat dan stabil, sehingga efeknya bisa meningkatkan suasana hati dan mengurangi rasa lelah berlebih.

Sebagai bonus, serat larut dalam oatmeal dapat menurunkan penyerapan kolesterol jahat bila pada pesta tahun baru semalam Anda makan banyak makanan berlemak.

4. Roti Gandum Panggang dengan Madu

Menurut Royal Society of Chemistry, mengolesi roti gandum panggang dengan madu saat sarapan dapat memberikan asupan natrium, kalium, dan fruktosa untuk mengembalikan kondisi tubuh saat hangover.

Menurut sebuah studi dari Delta State University, Amerika Serikat (AS), madu dapat mempercepat proses eliminasi alkohol dari tubuh sebanyak 32 persen.

5. Pisang

Pisang terkenal akan kandungan kaliumnya yang tinggi. “Ini  penting untuk menggantikan kalium yang hilang karena efek diuretik, yaitu sifat atau penyebab naiknya laju urinasi dari alkohol,” jelas dr. Astrid.

Agar lebih menggugah selera, dr. Astrid menyarankan Anda untuk mencampurkan pisang, yoghurt, atau buah-buahan lainnya untuk dijadikan smoothie.

6. Semangka
Buah manis dengan kandungan air yang tinggi ini diam-diam merupakan obat hangover yang cukup ampuh.

Bila salah satu gejala hangover yang dirasakan adalah sakit kepala, itu berarti terjadi penurunan aliran darah ke otak. Nah, dengan makan semangka yang kaya akan L-citrulline, aliran darah dapat meningkat, sehingga nyeri kepala bisa berkurang.

7. Sup Ayam
Sebuah penelitian dari Universitas Negeri Iowa, AS, mengungkapkan, kaldu dari sup ayam lebih efektif menghidrasi daripada air putih dan ataupun minuman olahraga.

Tak hanya sup ayam, “sup daging, soto, mi rebus, atau makanan berkuah hangat lainnya merupakan makanan hangover andalan di seluruh penjuru dunia. Selain lezat, sup dapat memasok kebutuhan natrium dan cairan dalam tubuh,” dr. Astrid menambahkan.

8. Jeruk

Jeruk kaya akan vitamin C, sehingga bisa mempercepat proses metabolisme alkohol dengan mempertahankan glutation. Agar hasilnya maksimal, jangan menjadikannya jus. Kupas kulitnya dan makan langsung.

Hindari minum jus jeruk dalam kemasan yang sudah ditambahkan pemanis buatan, karena itu dapat meningkatkan kadar gula darah.

9. Ubi
Setelah menenggak minuman beralkohol dalam jumlah banyak, Anda akan kehilangan cadangan vitamin A dalam tubuh. Padahal, vitamin A berfungsi untuk memerangi peradangan dan memelihara sistem kekebalan tubuh.

Untuk mengatasinya, konsumsilah ubi jalar karena tinggi akan vitamin A. Selain dikukus, Anda juga bisa memanggangnya.

10. Air kelapa
Air kelapa mengandung natrium, kalium, dan elektrolit lainnya. Itu semua akan membantu mengisi dan memulihkan tubuh sambil menghilangkan dahaga.

Satu penelitian di Malaysia menemukan, air kelapa sama efektifnya dengan minuman olahraga untuk rehidrasi, tanpa menimbulkan efek samping berupa mual atau sakit perut.

11. Makanan Berprotein

Setelah konsumsi gula, lemak, atau alkohol yang berlebihan saat perayaan tahun baru, tubuh akan bekerja keras untuk kembali ke kondisi normal.

"Anda bisa membantu proses perbaikan ini dengan menambah asupan protein yang akan meningkatkan kinerja tubuh. Namun, perlu diingat, alkohol akan menghambat kemampuan tubuh mencerna protein, sehingga makanlah dalam porsi yang sedikit tapi sering,” dr. Astrid menyarankan.

Itu dia berbagai menu penyelamat Anda dari hangover pascapesta tahun baru. Selain itu, Anda juga bisa meredakannya dengan mencukupi cairan tubuh, tidur cukup, dan olahraga.

Daripada harus mengobati, lebih baik mencegahnya dengan tidak membatasi jumlah alkohol yang dikonsumsi dan hindari minuman yang mengandung zat congener yang tinggi seperti tequila, wiski, dan cognac.(RN/RPA/klikdokter)


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler