Menko Muhadjir Effendy: Jangan Sampai Mereka Kelaparan

Kamis, 28 Januari 2021 – 21:19 WIB
Menko PMK Muhadjir Effendy didampingi Sekretaris Utama BNPB Harmensyah di lokasi pengungsian gempa Sulbar di Mamuju, Kamis (28/1). Foto: dokumentasi BNPB.

jpnn.com, MAMUJU - Menteri Koordinator Bidang Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy meminta BNPB membantu proses evakuasi kelompok perempuan rentan yang terdampak gempa di Sulawesi Barat (Sulbar).

Pesan ini disampaikan Muhadjir Effendy saat berkunjung ke wilayah terdampak gempa Sulbar berkekuatan M6,2 di Mamuju pada Kamis (28/1).

BACA JUGA: Muhadjir Effendy Buka Kemungkinan Indonesia Meniru Karantina Model Hong Kong

Saat menyampaikan arahan di Pos Komando (posko) Penanganan Darurat Bencana Gempa Sulbar, Muhadjir meminta BNPB menggunakan helikopter dalam proses evakuasi kelompok perempuan rentan.

"Saya mohon dari BNPB untuk mengerahkan satuannya untuk bisa melakukan operasi lagi, untuk mengambil mereka sehingga dapat terawat dengan baik," pinta Muhadjir kepada Sekretaris Utama BNPB Harmensyah di posko tersebut.

BACA JUGA: Ada Arahan Gus Yaqut kepada Ansor soal Jenderal Listyo Sigit, Simak Kalimatnya

Kelompok perempuan rentan yang dimaksud Menko Muhadjir yaitu mereka yang sedang hamil dan menyusui bayi. Kemudian kelompok bayi lima tahun (balita) juga dapat dievakuasi ke tempat yang lebih baik.

"Setelah berdiskusi dengan Ibu Mensos, saya dukung mereka yang sedang hamil, mereka yang sedang menyusui, dievakuasi pakai heli ke lokasi yang lebih baik," ucap mantan Mendikbud RI itu.

BACA JUGA: Dilaporkan ke Bareskrim, Abu Janda Sebut Nama Habib Rizieq dan FPI

Muhadjir juga berpesan kepada petugas di posko untuk memperhatikan warga yang masih ada di perbukitan dan wilayah-wilayah yang terputus akses transportasinya. Dia meminta supaya mereka mendapatkan perhatian, terutama di bidang logistik.

“Jangan sampai mereka kelaparan, jangan sampai juga kesehatan mereka tidak terurus, terutama bagi ibu-ibu," tegas Muhadjir.

Tiga Menteri, yaitu Menko PMK, Menteri Sosial Tri Rismaharini dan Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang Darmawati berkunjung ke wilayah terdampak dan pos pengungsian di Provinsi Sulbar pada hari ini (28/1).

Selain itu, para menteri menyerahkan secara simbolis bantuan logistik dan peralatan serta santunan ahli waris korban terdampak gempa.

Berdasarkan data BNPB per 28 Januari 2021, pukul 14.00 WIB, total jumlah warga mengungsi sebanyak 91.657 jiwa.

Sebanyak 27.537 jiwa tersebar di 20 titik pos pengungsian wilayah Kabupaten Majene, sedangkan di Kabupaten Mamuju tersebar di 229 titik dengan 58.795 jiwa dan sisanya di Kabupaten Polewali Mandar yang tersebar di 111 titik.(fat/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler