Menkominfo: Valuasi Ekonomi Digital RI Setara 40 Persen ASEAN

Rabu, 25 Mei 2022 – 11:05 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyebutkan seluruh sektor ekonomi digital berkontribusi positif selama tiga kuartal. Foto: Humas Kemenkominfo.

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyebutkan seluruh sektor ekonomi digital berkontribusi positif selama tiga kuartal berturut-turut pada 2020.

Terlebih kata dia, ekonomi digital membidik semangat berwirausaha agar semua pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia dapat melek teknologi.

BACA JUGA: Investasi Telkom di GOTO Tingkatkan Ekonomi Digital

"Valuasi ekonomi digital di Indonesia mencapai 40 persen dari valuasi keseluruhan di kawasan ASEAN," ujar Johnny dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (25/5).

Menkominfo menyebut pemerintah pun mendorong perusahaan teknologi di Indonesia memprioritaskan produksi dalam negeri guna penguatan ekonomi digital nasional.

BACA JUGA: Indonesia Ajak Delegasi DEWG G20 Hasilkan Hal Konkret Bagi Ekonomi Digital

Guna mendukung agenda transformasi digital, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) telah melakukan pengembangan sumberdaya digital di Indonesia melalui berbagai program. Dengan Gerakan Nasional Literasi Digital.

Kemenkom menyiapkan sumberdaya manusia yang memiliki keterampilan digital dasar sebanyak 12,6 juta peserta, dan menargetkan mencapai 5,5 juta peserta pada 2022.

Selain itu, Digital Talent Scholarship menyiapkan keterampilan digital menengah yang menjangkau 223 ribu peserta hingga 2021 dan menargetkan mencapai 200 ribu peserta pada 2022.

Pada pengembangan keterampilan digital tingkat lanjut, program Digital Leadership Academy telah memberikan pelatihan untuk 370 peserta.

“Semua usaha di bawah direktif Presiden Joko Widodo dalam rangka membangun digital ekonomi nasional, saat ini valuasinya setara 40 persen ekonomi digital ASEAN” kata Menkominfo.

Johnny menyebut salah satu upaya itu juga diwujudkan bersama Traveloka yang berkomitmen membangun sumberdaya digital Indonesia melalui pelatihan keterampilan di berbagai tingkatan.

“Traveloka dan pemerintah berkomitmen membangun talenta digital di Indonesia, mengambil bagian program-program basic skill pada 2022, tanpa SDM digital yang memadai ruang digital tentu tidak maksimal,” ujar Johnny. (mcr10/jpnn)


Redaktur & Reporter : Elvi Robiatul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler