MenPAN-RB Minta BNN Tes Narkoba Seluruh PNS

Selasa, 04 November 2014 – 20:47 WIB

jpnn.com - JAKARTA--Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi menegaskan, pihaknya akan mewajibkan seluruh aparatur sipil Negara (ASN) melakukan pemeriksaan narkoba.

“Kami akan membuat MoU agar BNN turun langsung mengecek  seluruh ASN di semua tingkatan,” ujar Yuddy saat melakukan kunjungan kerja ke Kantor Badan Narkotika Nasional (BNN), Selasa (4/11).
 
Dalam kunjungan yang diterima Kepala BNN Anang Iskandar itu, Yuddy menambahkan, nota kesepahaman itu akan diikuti dengan petunjuk pelaksanaan (juklak) dan petunjuk teknis (juknis) agar BNN memeriksa kesehatan terkait penggunaan narkoba dan psikotropika semua ASN.

BACA JUGA: Menkopolhukam: Calon Kepala BIN Masih Timbul Tenggelam

“ASN yang memakai narkoba akan ditindak tegas,” ujarnya.
 
Dalam waktu dekat, KemenPAN-RB akan bekerja sama dengan BNN dan tim operasional teknisnya untuk mengetes pegawai KemenPAN-RB. “Tes urin, tes sel rambut, darah atau semua yang dibutuhkan,” tegas Yuddy.

Selain itu, Yuddy mewajibkan seluruh instansi yang melakukan seleksi CPNS untuk melakukan tes bebas narkoba bagi peserta seleksi.
 
Jika ada ASN yang mengonsumsi narkoba dan jenis lainnya akan dikenakan tindakan administratif. Namun Yuddy meminta agar BNN melakukan rehabilitasi dan pembinaan jika ada aparatur yang terbukti menggunakan narkoba.

BACA JUGA: Gubernur Papua Dipusingkan Tim dari Jakarta, Jokowi tak Tahu

"Tidak semua orang yang terlibat kasus narkoba harus dikenakan hukum pidana, tetapi ada upaya pembinaan," ucapnya. (esy/jpnn)

 

BACA JUGA: Dua Guru JIS Segera Ditahan Kejaksaan

BACA ARTIKEL LAINNYA... KontraS NIlai Kasus JIS Penuh Rekayasa


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler