MenPAN-RB: Negara Masih Butuh BNPT

Senin, 07 September 2015 – 20:56 WIB
Yuddy Chrisnandi. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA--Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi melakukan kunjungan di enam Lembaga Pemerintah Non Kemenetrian (LPNK)  dan Lembaga Non Struktural (LNS), Senin (7/9).

Kunjungan pertama adalah Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), dilanjutkan ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Badan Pertahanan Instalasi Strategis Nasional (BAINSTRANAS), Universitas Pertahanan (UNHAN), Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (BPPB), dan  Badan Informasi Geospasial (BIG).

BACA JUGA: Ini Hanya Bentuk Persaingan Politik!

Saat berkunjung ke BNPT, Menteri Yuddy mengatakan  lembaga ini mempunyai peran besar terhadap keamanan negara. Itu sebabnya negara masih membutuhkan BNPT dalam penanggulangan terorisme.

 "Isu terorisme masih menjadi momok bagi banyak orang di dunia termasuk Indonesia. Dari sejarah kasus terorisme yang pernah terjadi di negeri ini, tampak bahwa isu tersebut memiliki kemungkinan terus berkembang karena berbagai faktor," ujar Yuddy saat bertemu dengan Kepala dan pegawai BNPT.

BACA JUGA: Suryadharma Merasa Tidak Bersalah, Ini Argumentasinya

Dikatakan, BNPT memiliki tugas sebagai koordinator penanggulangan terorisme di Indonesia. "Ada beberapa bidang yang menjadi perhatian BNPT, yakni pencegahan, penindakan dan kerja sama internasional," jelas Yuddy.

Yuddy berharap kepada pejabat dan jajaran pegawai BNPT agar selalu berkoordinasi dengan  pihak-pihak yang berkaitan dengan upaya-upaya penanggulangan terorisme. Menteri mencontohkan, Kemensos bisa untuk merealisasikan kesejahteraan mantan keluarga narapidana teroris, Kemenag untuk pembinaan di daerah pesantren atau sekolahan, Kemendikbud untuk merealisasikan sejumlah beasiswa untuk anak-anak ex kelompok teroris, serta Kemenkumham dalam hal pembinaan.

BACA JUGA: Aneh, Polri Tak Bisa Tangkap Pembakar Hutan

"Sekarang yang paling penting bagaimana BNPT yang sudah ada petanya ini dapat merealisasikan bersama sejumlah kementerian/lembaga  terkait,” ujar Yuddy.

Mengenai kebutuhan pegawai, Yuddy menjelaskan akan menindaklanjuti masukan dari pihak BNPT, karena lembaga ini mempunyai peran strategis terhadap keamanan negara Indonesia khususnya di bidang terorisme.  

Dalam kesempatan itu, Menteri menyempatan untuk meninjau sejumlah fasiliats dan sarana yang dimiliki BNPT, antara lain landasan pacu beserta pesawatnya. (esy/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Menko Rizal Beber Lima Jurus Kebut Proyek Listrik Jokowi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler