Menparekraf Ajak Sineas di Daerah Menghasilkan Film Berkualitas

Selasa, 06 Juni 2023 – 22:20 WIB
Komunitas film di daerah yang mengikuti Workshop Festival Film Bulanan diajak menghasilkan film berkualitas. Foto: Ist.

jpnn.com - JAKARTA - Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mengajak komunitas film di daerah menghasilkan film pendek berkualitas dan unik.

Caranya, antara lain dengan menggali lebih dalam ide dan gagasan.

BACA JUGA: Delegasi Festival Film Bulanan Berpartisipasi di Ajang Festival Film Cannes

Dia mengatakan hal tersebut dalam sambutannya bagi pada Workshop Festival Film Bulanan yang digelar di Lombok, 26-28 Mei lalu.

Sebanyak 20 peserta dari komunitas film di wilayah Bali, NTT, NTB dan sekitarnya mengikuti event bulanan yang mengangkat tema 'Menuju Industri Perfilman' kali ini.

BACA JUGA: Baparekraf ScaleUp Champions Dorong Kemajuan Startup Digital

"Hal penting lain, mencari ide agar film pendek bisa disukai pasar dan bertemu dengan penontonnya."

"Lalu, bagaimana film pendek itu memiliki social impact serta dapat bermanfaat bagi yang terlibat di dalamnya."

BACA JUGA: Sandiaga Uno Berharap Workshop Festival Film Bulanan Tingkatkan Produktivitas

"Terutama menjadikan para pelaku film daerah bisa memberikan feedback benefits bagi ekosistem ekonomi kreatif di daerah asalnya melalui berbagai kegiatan dan aktivasi," ujar Sandiaga dalam keterangannya.

Pandangan senada dikemukakan Koordinator Subsektor Film Direktorat Musik, Film & Animasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Imam Wuryanto.

Menurutnya, program workshop Festival Film Bulanan merupakan pemicu bagi para pelaku kreatif dan para sineas lokal daerah.

Agar lebih merasakan, berani menggali dan mengelaborasi nilai, cerita dan potensi kreatif lokal yang dimiliki untuk diangkat dalam karya-karya film, sehingga berdampak pada munculnya gelombang tren dan inovasi karya film yang unik dan autentik.

“Harapannya, kegiatan workshop Festival Film Bulanan ini bisa memberikan efek berantai yang positif, menyehatkan dan memperkuat ekosistem perfilman di daerah yang mandiri dan sejahtera."

"Selanjutnya, saya berharap kegiatan ini dapat menebalkan rasa percaya diri sineas daerah untuk memproduksi film secara berkelanjutan, berkolaborasi, berjejaring, bersaing dan mengukir prestasi pada level yang lebih tinggi," ucapnya.

Manfaat dari bisa berjejaring dan menghasilkan ide-ide baru disampaikan salah satu peserta bernama Denny Chrisna Putra, dari komunitas DENFILM Creative Bali.

“Saya sangat berkesan mengikuti workshop Festival Film Bulanan ini karena bisa berjejaring dengan teman-teman sineas lokal lainnya."

"Ada teman-teman dari Mataram, Lombok, dan Bima. Bisa bertukar pikiran di sini sehingga muncul ide-ide yang liar. Begitu kuatnya program acara ini sehingga bisa berjejaring,” katanya.

Mengikuti kegiatan workshop Festival Film Bulanan juga bisa menambah wawasan baru, sebagaimana dikemukakan Nirartha Bas Diwangkara, dari komunitas Film Sarad, Bali.

“Saya senang sekali dapat kesempatan mengikuti Workshop Festival Film Bulanan, karena enggak hanya screening film, tetapi juga dapat banyak wawasan baru, sekaligus kesempatan untuk para filmmaker bisa belajar untuk pitching," ucapnya.

Pemateri yang merupakan dosen Fakultas Film dan Televisi Institut Kesenian Jakarta, Film Production Designer dan Art Director, Ezra Tampubolon mengatakan senang bisa berkontribusi.

"Teman-teman di sini asyik banget, cukup komunikatif, tanya jawabnya enak dan kreatif,” katanya.

Narasumber lain yang juga Film Editor, Film Director dan Actress Aline Jusria menuturkan workshop Festival Film Bulanan berlangsung seru.

“Acaranya seru banget, teman-teman di sini yang ikut workshop sangat interaktif, aktif merespons yang saya share, bahkan banyak yang unjuk karya."

"Karyanya bagus-bagus sekali, begitu juga dengan proposal-proposal yang masuk semoga memberi warna baru buat dunia film pendek Indonesia. Jadi makin berkembang, lebih baik dan makin seru,” tuturnya.

Workshop Festival Film Bulanan Lokus 4 juga menghadirkan produser film Abdul Manaf dan sutradara /dosen Jogja Film Academy Jeihan Angga.

Turut hadir perwakilan Founder Festival Film Bulanan Vera Damayanti dan Head of Marketing FlipFlop TV Indra Agus Rahman selaku investor yang akan memberikan pendanaan dan pendampingan produksi film bagi proposal terpilih. (gir/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Sandiaga Beri Bantuan Beasiswa Kewirausahaan Bagi Milenial Berprestasi di Jatim


Redaktur & Reporter : Kennorton Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler