Menpora Amali Lahirkan DBON, Rektor Unnes: Menginspirasi Indonesia

Sabtu, 26 Februari 2022 – 20:48 WIB
Menpora Amali sangat menginspirasi Indonesia karena sudah menggerakan olahraga Indonesia dengan sebuah desain besar yaitu Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). Foto: Kemenpora

jpnn.com, JAKARTA - Rektor Universitas Negeri Semarang (Unnes) Fathur Rokhman mengucapkan terima kasih kepada Menpora Zainudin Amali atas kehadirannya di Unnes untuk meresmikan lapangan sepak bola sintetik.

Hal tersebut disampaikan saat memberikan sambutan pada peresmian lapangan sepakbola sintetik (Unnes), Sabtu (26/2) sore.

BACA JUGA: Menpora Amali Dorong Perguruan Tinggi Dukung Pelaksanaan DBON dan UU Keolahragaan

Menurutnya, Menpora Amali sangat menginspirasi Indonesia karena sudah menggerakan olahraga Indonesia dengan sebuah desain besar yaitu Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

Ia mengungkapkan, DBON ini merupakan hal yang baru, yang lahir ketika Zainudin Amali menjadi menpora.

BACA JUGA: Briptu Rehend Diseret Debt Collector, Kombes Supriadi Ungkap Pesan Tegas Kapolda, Siap-Siap Saja

“Pak Zainudin Amali menginspirasi Indonesia dengan melahirkan DBON,” ungkapnya.

Ia mengatakan bahwa Indonesia memiliki keunggulan yang luar biasa salah satu bonus demografi.

"Kalau bonus demografi ini tidak sehat maka Indonesia tidak akan bisa bersaing dengan negara lain. Untuk bisa bersaing olahraha adalah kuncinya," ucapnya.

Ketika olahraga harus dihidupkan maka desain besarnya harus dirancang dan selanjutnya diimplementasikan. Unnes sebagai perguruan tinggi yang salah satunya konsen terhadap olahraga dan siap untuk mengimplementasikan DBON.

"Tentu DBON akan membangun kapasitas seluruh masyarakat, seluruh cabor unggulan dari daerah yang nanti bisa bersaing dengan masyarakat dunia," ucapnya.

"Unnes berkomitmen untuk terus menjadi bagian dari DBON ini. Dan akan terus berjalan dan bisa membangun DBON ini sampai terimplementasi," tambahnya.

Karena itu, Fathur Rokhman berharap perguruan tinggi bisa menjadi laboratorium olahraga nasional.

"Saya berharap kepada Pak Menteri, agar perguruan tinggi bisa sebagai laboratorium olahraga nasional. Ketika pemerintah akan membangun sarana prasarana olahraga di daerah maka bangunlah di perguruan tinggi," katanya.

"Kalau sarana prasarana di bangun di perguruan tinggi itu akan menjadi monumen bagi SDM olahraga yang hebat karena olahraga yang hebat. Karena beberapa fasilitas olahraga yang dikelola oleh pemerintah daerah ujungnya juga akan menimbulkan kerugian," tuturnya.(antara/jpnn)


Redaktur : Budi
Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler