Menpora Dorong Mahasiswa Jadi Usahawan Muda ketimbang Abdi Negara

Rabu, 12 Agustus 2015 – 18:35 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi meminta para mahasiswa menyiapkan diri untuk menjadi usahawan muda. Ia menyarankan mahasiswa agar tidak terus-menerus menyiapkan lamaran kerja, tetapi bisa membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain.

"Siapkan diri kalian untuk jadi wirausaha muda. Jangan jadi pelamar kerja, apalagi pegawai negeri sipil," kata Imam  saat peluncuran Program Wirausaha Muda Kampus hasil kerja sama Kemenpora dengan Bank Mandiri, Kemristek Dikti, Kemenag dan Center For Economic and Democracy Studies (CEDeS) di Plaza Bank Mandiri, Jakarta, Rabu (12/8).

BACA JUGA: Belum Teruji, DPR Ragukan Kemampuan Sofyan Djalil

Menurutnya, salah satu cara agar tidak menjadi pelamar kerja adalah mengisi waktu luang di kampus dengan kegiatan kreatif. Dari kreativitas pula diharapkan bisa menciptakan lapangan kerja.

"Program Gerakan Wirausaha Muda Kampus ini adalah kegiatan monumental untuk merubah cara pikir generasi mahasiswa yang selama ini terjebak dengan prilaku pencari kerja menjadi kaula muda terdidik pemberi lapangan kerja," tegasnya.

BACA JUGA: Sofyan Ingatkan Ini Pada Penggantinya

Karena itu menteri yang juga politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengharapkan program yang digagas Bank Mandiri tersebut misa mendorong lahirnya usahawan muda yang tangguh dari kampus-kampus. Imam juga mengharapkan bank BUMN itu mempermudah akses permodalan bagi mahasiswa.

"Saya berharap melalui program ini, Bank Mandiri membuka akses selebar-lebarnya agar tumbuh generasi muda pencipta lapangan kerja. Beri fasilitas dan kesempatan mahasiswa ini untuk jadi pebinis kelas Asia," harapnya.

BACA JUGA: Ini Lho, Jumlah Kekayaan Menteri yang Baru Dilantik Jokowi

Di tempat sama, Direktur Finance & Strategy Bank Mandiri, Kartika Wirjoatmodjo menjelaskan, program itu untuk tahap pertama diikuti oleh 10 kampus di wilayah Jabodetabek. "Ke depan, program ini akan dikembangkan sesuai dengan potensi mahasiswa dan mahasiswi di seluruh Indonesia," imbuhnya.(fas/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Luhut Tak Akan Ulangi Kesalahan Pak Tedjo


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler