Mentan Syahrul Ajak Seluruh Pihak Menyukseskan Sensus Pertanian

Jumat, 23 Juni 2023 – 14:45 WIB
Mentan Sapa Petani dan Penyuluh (MSPP) volume 22 bertemakan 'Manfaat Sensus Pertanian 2023 bagi Pelaku Usaha Pertanian' secara virtual, Jumat (23/6). Foto: Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengajak pelaku usaha pertanian untuk proaktif mendukung Sensus Pertanian 2023.

Kegiatan sensus pertanian tersebut akan dilaksanakan Badan Pusat Statistik (BPS) mulai 1 Juni hingga 31 Juli 2023.

BACA JUGA: Sensus Pertanian 2023 Dimulai, Ini Harapan BPS

Menurut Syahrul, sensus ini sangat penting dan strategis untuk memperoleh gambaran utuh kondisi pertanian Indonesia.

"Saya mengajak untuk mendukung dan menyukseskan Sensus Pertanian 2023," ujarnya.

BACA JUGA: Sebegini Gaji Petugas Sensus Pertanian 2023, Alhamdulillah, Lumayan

Hasil sensus ini akan digunakan pemerintah sebagai salah satu acuan untuk menentukan kebijakan yang tepat di bidang pertanian.

"Kami berharap bisa membuat kebijakan yang tepat guna di masa datang,” ujarnya.

BACA JUGA: Disuruh Mengajar di Lapas, Ustaz MS Malah Terjerat Kasus

Sebaliknya, bila informasi yang diperoleh tidak valid, ini akan berdampak buruk pada kebijakan yang akan dikeluarkan pemerintah.

"Informasi yang salah akan membuat upaya mengoptimalisasi pertanian tidak menjadi kenyataan," katanya.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Dedi Nursyamsi mengatakan sesuai arahan Presiden Joko Widodo bahwa data pertanian sangat penting karena melibatkan hajat orang banyak.

Diharapkan seluruh pemangku kepentingan di sektor pertanian mensukseskan sensus ini.

“Kita wajib mendukung sensus pertanian tahun 2023. Selain itu stakeholder dan pemerhati pertanian tidak hanya mendukung sensus pertanian tapi harus berperan aktif dalam pelaksanaan sensus 2023,” kata Dedi.

Sementara itu, Kepala Pusat Penyuluhan Pertanian Bustanul Arifin Caya mengatakan pelaksanaan sensus pertanian saat ini masih dilakukan dan diharapkan dukungan dari para penyuluh pertanian.

“Diharapkan hasil sensus pertanian 2023 dapat memberikan data terbaru sehingga dengan data akurat dapat memudahkan dalam membuat perencaan dan mengambil keputusan besar,” ujarnya dalam acara Mentan Sapa Petani dan Penyuluh (MSPP) volume 22 bertemakan 'Manfaat Sensus Pertanian 2023 bagi Pelaku Usaha Pertanian' secara virtual, Jumat (23/6).

Menurut Direktur Statistik Peternakan Perikanan dan Kehutanan Adhi Wiriana, masyarakat, internal BPS, Kementerian/Lembaga, asosiasi, dan media masa dapat turut serta dalam penyebarluasan informasi, sosialisasi serta berpartisipasi aktif bagi dalam menerima kedatangan petugas dan menjawab pertanyaan dengan jujur dan benar.

"Secara umum sensus pertanian memegang peranan kunci untuk penyediaan data yang akurat, lebih cepat dan informasi yang komprehensif tentang sektor pertanian,” kata Adhi saat menjadi narasumber MSPP.

Dia menambahkan bahwa salah satu informasi penting sensus penduduk yang bermanfaat bagi petani, yaitu adanya perencanaan jangka panjang, mitigasi resiko dan petani bisa mengakses melalui publikasi pemerintah, portal online dan perlu keterbukaan informasi serta akses data.

"Partisipasi aktif masyarakat sangat menentukan keberhasilan sensus pertanian 2023 dalam menghasilkan data pertanian yang terkini, akurat dan terpercaya," katanya.

“Mari kita sukseskan bersama sensus pertanian, mencatat pertanian Indonesia untuk kedaulatan pangan dan kesejahteraan petani Indonesia,” ujarnya. (rhs/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kronologi Preman Mati di Tangan Sopir Truk, Seorang Pelaku Terbirit-birit


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler