Mentan SYL Beri Apresiasi kepada Jajarannya atas Kinerja Kearsipan

Minggu, 21 Agustus 2022 – 17:18 WIB
Kementan mendapat penghargaan kinerja kearsipan dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). Foto: dokumentasi Kementan

jpnn.com - Kementerian Pertanian (Kementan) mendapat penghargaan kinerja kearsipan dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) sebagai kementerian yang memiliki kinerja tertib arsip pada 2021.

Kementan meraih peringkat kedua di antara kementerian atau lembaga lain dengan predikat AA atau sangat memuaskan. 

BACA JUGA: Mentan SYL Sebut Penghargaan dari IRRI Merupakan Kado HUT Ke-77 RI

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) menyambut baik penghargaan dan apresiasi tersebut dan berharap pada 2022 dapat terus ditingkatkan.

Menurut dia, sejauh ini, kinerja kearsipan Kementan sejalan dengan pedoman hasil Audit Sistem Kearsipan. 

BACA JUGA: Mentan SYL Ajak Kembalikan Kejayaan Pangan Nasional

Pengawasan kearsipan Internal pada 2022 ini sudah dilakukan dengan baik dan telah tertuang dalam Kepmentan Nomor 634 Tahun 2022 tentang penetapan peringkat Unit Pengolah hasil pengawasan kearsipan internal tahun 2022. 

Unit-unit yang berprestasi dalam audit kearsipan ini adalah Inspektorat II, Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan, Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan.

BACA JUGA: Olahraga Akibatkan Seseorang Terkena Serangan Jantung? Begini Kata Pakar

"Kami terus memberikan apresiasi terhadap capaian kinerja kearsipan baik di tingkat unit pengolah maupun SDM arsiparis atas kerja-kerjanya yang berdasarkan hasil audit kearsipan yang dilaksanakan secara teratur setiap tahun," ujar Mentan SYL, Jumat (19/8).

Menurut dia, nilai pengawasan kearsipan internal ini akan digabung dengan nilai hasil pengawasan kearsipan eksternal yang dilakukan ANRI.

Jadi, nilai yang didapat utuh dan bisa dibandingkan dengan kementerian atau lembaga lain secara nasional. 

Lebih lanjut, hasil pengawasan kearsipan ini mempunyai kedudukan penting dalam penilaian reformasi birokrasi seperti halnya kedudukan nilai opini laporan keuangan (WTP), nilai pengelolaan barang/jasa, nilai sistem merit, profesionalitas ASN, serta maturitas dan kapabilitas APIP.

"Karena itu, kualitas pengelolaan arsip dinamis harus menjadi perhatian seluruh pimpinan unit kearsipan," katanya.

SYL menambahkan Kementan rutin menyerahkan arsip statis atau arsip yang bernilai kesejarahan, arsip terjaga, dan arsip penanganan Covid-19 kepada ANRI sebagai khazanah pertanian dalam bingkai memori kolektif bangsa.

"Penghargaan ini juga menjadi kado istimewa bagi bangsa Indonesia yang genap berusia 77 tahun," ucapnya. (mrk/jpnn)


Redaktur : Tarmizi Hamdi
Reporter : Tarmizi Hamdi, Tarmizi Hamdi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Kementan   Mentan SYL   ANRI   kearsipan  

Terpopuler