Menteri Agama: Lebaran Hari Rabu 6 Juli 2016

Senin, 04 Juli 2016 – 19:30 WIB
Ilustrasi. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA -- Alhamdulillah. Lebaran atau hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1437 Hijriyaj, jatuh pada Rabu 6 Juli 2016. Tidak ada perbedaan perayaan pemerintah dan organisasi kemasyarakatan Muhammadiyah yang sebelumnya sudah menetapkan Lebaran 6 Juli 2016.

Menteri Agama Lukman Halim Saifuddin mengatakan, ini adalah keputusan sidang Isbat penentuan 1 Syawal 1437 H yang dihadiri pimpinan ormas Islam, duta besar, anggota DPR, MUI, dan lainnya.

BACA JUGA: Daerah-Daerah Ini Rawan Dilanda Hujan dan Gelombang Tinggi

Sebelum Magrib, kata Lukman, mereka bersama-sama mendengarkan paparan dari anggota tim hisab rukiyah Kemenag. Dijelaskan bahwa posisi hilal di seluruh nusantara jelang Magrib pada 29 Ramadan masih di bawah ufuk yakni minus nol derajat 45 menit dan minus nol derajat 49 menit.

"Dari seluruh wilayah tanai air dari barat sampai timur posisi hilal berada di bawah ufuk," ujar Lukman dalam jumpa pers di kantornya, Senin (4/6).

BACA JUGA: Politikus Gerindra Minta Pemerintah Tetapkan Kalender Hijriah Permanen

Nah, kata Lukman, hasil hitungan itu kemudian dikonfirmasikan dengar mendengar laporan dari pengamatan yang dilakukan tim di seluruh Indonesia. Hasilnya, dilaporkan bahwa dari seluruh provinsi selain Sumatera Barat dan Aceh, tidak ada satu pun yang melihat hilal.

Lukman menambahkan, karena posisi di bawah ufuk, maka kelazimannya bulan Ramadan disempurnakan menjadi 30 hari.

BACA JUGA: Demi Pelayanan Publik, Aparatur Jangan Cuti Tanggal Segini

"Dengan demikian Selasa besok kita masih berpuasa karena Ramadan menjadi 30 hari. Sehingga 1 Syawal jatuh pada esok lusa Rabu 6 Juli 2016," kata Lukman.

Hal ini disepakati oleh seluruh peserta sidang Isbat. "Kita bersepakat tahun ini 1 Syawal sekali lagi jatuh pada Rabu 6 Juli 2016," tutup Lukman. (Boy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Macet Parah di Brebes, Pertamina Diminta Siapkan Bensin Kemasan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler