Menteri Anas Sebut Kolaborasi Percepatan Reformasi Berdampak Langsung pada Masyarakat

Kamis, 05 September 2024 – 20:35 WIB
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas (tengah) saat hadir sebagai keynote speaker dalam acara Anugerah Pandu Negeri 2024 di Jakarta, Kamis (5/9). Foto: Dokumentasi Humas KemenPAN-RB

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas menyampaikan apresiasi kepada 91 pemerintah daerah (pemda) penerima penghargaan praktik governansi terbaik dalam Anugerah Pandu Negeri 2024.

Menteri Anas menilai pemda penerima penghargaan menunjukkan komitmen nyata pemerintah dalam mengimplementasikan reformasi birokrasi yang berdampak langsung pada masyarakat.

BACA JUGA: Menteri Anas Jelaskan Progres dan Skema Pemindahan ASN ke IKN, Ada juga Skenario Lain

"Selamat kepada para penerima penghargaan yang sudah turut mendukung dan senantiasa menerapkan tata kelola dan praktik governansi terbaik di sektor publik," ucap Menteri Anas saat menjadi keynote speaker dalam acara Anugerah Pandu Negeri 2024 di Jakarta, Kamis (5/9).

Menteri Anas juga mengapresiasi gelaran Anugerah Pandu Negeri yang secara rutin melakukan penilaian praktik governansi di pemerintah daerah.

BACA JUGA: Menteri Anas Uraikan Penyelesaian Tenaga Non-ASN Lewat 3 Peraturan Ini ke Komisi II DPR

Mantan Bupati Banyuwangi tersebut mengatakan dalam menerapkan tata kelola dan praktik governansi yang baik, diperlukan penguatan inovasi dan kolaborasi multi-sektor di instansi pemerintah.

Hal ini sejalan dengan upaya percepatan reformasi birokrasi yang dilakukan pemerintah saat melalui reformasi birokrasi tematik.

BACA JUGA: Menteri Anas Apresiasi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi di Kementerian BUMN

"Berdasarkan kajian yang dilakukan Delloite, kini saatnya berkolaborasi dalam membangun inovasi, bukan saling berkompetisi. Tidak ada satu aktor pun yang dapat mencapai tujuan tanpa mempengaruhi aktor lain," kata Menteri Anas.

Inisiator Indonesian Institute for Public Governance (IIPG) yang juga Ketua Umum IICD-IIPG 2012-2024 Sigit Pramono menuturkan IIPG menjadi mitra strategis pemerintah dalam mendukung reformasi governansi sektor publik agar mampu mencapai kinerja terbaik dengan mempertahankan sinergi dan harmonisasi multi-sektor.

"Kami berharap penghargaan ini akan terus mendukung dan menyemangati pemerintah daerah agar senantiasa menerapkan praktik terbaik dalam governansi dan inovasi di daerah guna meningkatkan daya saing yang berkelanjutan," pungkas Sigit.

Sebagai informasi, Anugerah Pandu Negeri merupakan bentuk penghargaan yang diberikan IIPG kepada pemerintah daerah provinsi, kabupaten, ataupun kota khususnya di wilayah 3T (terdepan, tertinggal, terluar) yang berhasil melaksanakan praktik kinerja dan governansi yang baik di daerahnya. (mrk/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler