Menteri Anas Ungkap Arahan Presiden Jokowi Soal Pemindahan ASN ke IKN

Selasa, 03 September 2024 – 17:00 WIB
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas memberikan keterangan di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (3/9/2024). ANTARA/Mentari Dwi Gayati

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Abdullah Azwar Anas menyampaikan info terbaru soal kepindahan aparatur sipil negara (ASN) ke Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Menurut Menteri Anas, kepindahan ASN ke IKN menunggu pembangunan infrastruktur selesai.

BACA JUGA: Jokowi: ASN Jangan Alergi terhadap Teknologi dan Digitalisasi

Dia mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi), tidak ingin terburu-buru memutuskan kepindahan ASN ke IKN karena masih menunggu penyempurnaan infrastruktur digital.

"Karena kalau ASN ke IKN bukan hanya soal pindah kantor, tetapi berubah budaya digital. Jadi, infrastruktur digital selesai dan lain-lain," kata Menteri Anas saat memberikan keterangan di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (3/9).

BACA JUGA: Soal Jadwal Pemindahan ASN ke IKN, Raja Juli Bilang Begini

Menteri Anas mengatakan bahwa rumah susun untuk ASN telah siap untuk dihuni bagi aparatur yang mulai pindah bertahap.

Namun, kata dia, Presiden Jokowi memberikan arahan bahwa kepindahan ASN untuk berkantor di IKN ini menunggu kesiapan perkantoran maupun sistem digitalnya.

BACA JUGA: Pendaftaran CPNS 2024, Menteri Anas: 250.407 Formasi Disediakan untuk Fresh Graduate

Saat ditanya lebih lanjut mengenai mundurnya kepindahan ASN dari jadwal semula atau September, Anas mengaku bahwa keputusan itu masih menunggu hunian dan perkantoran selesai.

Presiden Jokowi pun sebelumnya mengatakan bahwa dia menunggu kesiapan Bandara di IKN selesai dan dapat digunakan, sebelum memastikan dirinya pindah dan berkantor di IKN.

"Kita tunggu skema-nya sambil menunggu penyelesaian secara tuntas hunian dan perkantoran. Kemarin, menteri PU dan Otorita menyampaikan ada keterlambatan karena cuaca, sehingga bandara belum bisa dituntaskan," ujar Menteri Anas.

Dalam kesempatan sebelumnya, Presiden Jokowi menyatakan tidak ingin memaksakan kepindahan aASN ke IKN seperti yang direncanakan pada September, jika belum siap.

"Rencana masih September, tetapi juga melihat di sini. Sekali lagi kita tidak ingin memaksakan, tidak ingin memaksakan," kata Presiden Jokowi pada Agustus lalu.

Presiden mengatakan bahwa kepindahan ASN disesuaikan dengan kondisi di lapangan, seperti sudah siapnya rusun ASN untuk dihuni. (antara/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler