Menteri Dituduh Menghina Raja

Sabtu, 19 Juni 2010 – 09:41 WIB
TERLAPOR - Menlu Thailand, Kasit Piromya, yang dilaporkan ke polisi oleh parpol oposisi karena disebut menghina Raja Thailand. Foto: Xinhua/Chen Duo.
BANGKOK - Tuduhan serius dilayangkan Partai Puea Thai ke divisi Crime Suppression Kepolisian Thailand, kemarin (18/6)Partai oposisi itu melaporkan Kasit Piromya, Menteri Luar Negeri (Menlu) Thailand, dengan tuduhan menghina Raja Bhumibol Adulyadej

BACA JUGA: Kematian Bisa Tembus Dua Ribu

Konon, penghinaan itu dilakukan April lalu di Amerika Serikat (AS).

"Kami memiliki bukti-bukti kuat
Termasuk rekaman pidato Kasit

BACA JUGA: Permohonan Anwar Ditolak Hakim

Di sana jelas terlihat bahwa Kasit melecehkan raja," ujar Jubir Partai Puea Thai, Pormpong Nopparit, seperti dilansir Agence France-Presse
Dia menambahkan, saat berpidato tentang reformasi Kerajaan Thailand, Kasit melontarkan beberapa pernyataan yang menghina Bhumibol.

Salah satu komentar Kasit yang oleh oposisi dianggap sebagai bentuk penghinaan terhadap raja adalah pernyataan soal krisis politik dalam negeri

BACA JUGA: Australia Bagi Hibah Proyek Air Minum

Terkait aksi unjuk rasa antipemerintah yang berlangsung hampir satu bulan itu, Kasit mengatakan bahwa peran kerajaan dalam politik, telah digeser oleh rakyat jelataSebab, saat itu, kerajaan memilih untuk tidak ikut campur.

Berdasar bukti-bukti yang dia ajukan, Pormpong berharap aparat penegak hukum bersedia mengusut tuntas kasus dugaan penghinaan terhadap raja tersebutApalagi, di Negeri Gajah Putih itu, raja memegang peran sangat pentingMereka yang terbukti menghina atau melecehkan pimpinan monarki Thailand itu, bakal diganjar hukuman penjara maksimal 15 tahun.

"Saya imbau kepada PM Abhisit (Vejjajiva) untuk bertindak tegas, jika tidak ingin dituduh menerapkan standar ganda," lanjut PormpongBersamaan dengan itu, pemerintahan Abhisit menyatakan bakal memperpanjang pemberlakuan status darurat di ThailandSelama dua bulan terakhir, Thailand memang berada dalam status darurat, pasca bentrok berdarah yang konon menewaskan sedikitnya 80 orang itu(hep/dos)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mesum di Pantai, Pasangan Mabuk Dicokok Polisi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler