Menteri Johnny dan Dubes Portugal Bertemu, Ini yang Mereka Bahas

Kamis, 04 November 2021 – 22:01 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate (tengah). Foto: Humas Kemenkominfo.

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menerima kunjungan Dua Besar LBPP Portugal untuk Indonesia H.E Maria João Falcão Poppe Lopes Cardoso.

Dalam pertemuan keduanya membahas hubungan kedua negara, terutama di bidang teknologi informasi dan digital.

BACA JUGA: Menteri Johnny Sebut Keniscayaan Transformasi Digital Ubah Banyak Hal

Menurut Menteri Johnny, pemerintah Indonesia saat ini sedang membangun infrastruktur secara besar-besaran untuk menjembatani kesenjangan digital.

Karena itu, dia berharap Indonesia dan Portugal bisa meneruskan kerja sama di bidang digital.

BACA JUGA: Said Salahudin Dukung Munaslub PKP, Ada Apa?

“Menyambungkan yang belum terhubung, to bridge the digital divide. Kami berharap Indonesia dan Portugal bisa meneruskan kerja sama yang sudah pernah terjalin sebelumnya,” ujar Johnny usai pertemuan di Rumah Dinas Widya Chandra, Jakarta, Rabu (3/11).

Menkominfo lebih lanjut mengatakan Indonesia dan Portugal sebetulnya telah mempunyai payung kerja sama yang ditandatangani 2012 lalu.

BACA JUGA: Begini Rupanya Modus FFA Hingga Bisa 2 Kali Begituan dengan Anak Kekasihnya

“Bahkan, sudah menjadi Peraturan Presiden pada 2014. Nah, kami meneruskan itu, mudah-mudahan kerja sama Indonesia dan Portugal di bidang ICT bisa terus dikembangkan,” katanya.

Menteri Johnny mengapresiasi kehadiran Dubes Portugal H.E Maria João Falcão Poppe Lopes Cardoso, dengan surat kepercayaan yang telah diterima oleh Presiden Joko Widodo pada Senin (25/10/2021) lalu.

Menurutnya, pengalaman menjadi diplomat akan menjadi pendorong peningkatan kerja sama dengan Indonesia.

“Beliau baru saja datang ke Indonesia setelah penempatannya di San Fransisco dan beliau adalah seorang diplomat dengan pengalaman kerja di berbagai posisi. Jadi, kami berharap bisa menjadi dorongan kerja sama Indonesia dan Portugal,” katanya.

Menteri Johnny menyebut pertemuan dengan Dubes Portugal juga membahas peluang kerja sama pembangunan pusat data yang kini tengah dilaksanakan Kementerian Kominfo.

“Ibu Dubes Portugal menyampaikan bahwa negaranya mempunyai pusat data yang bisa menjadi Hub Indonesia."

"Pusat data dan jaringannya yang melintasi Cross Atlantik dari Portugal ke Brasil, Amerika Selatan."

"Kami akan berdiskusi lebih lanjut bagaimana pemanfaatan jaringan, khususnya fiber optic domestik nasional kita dihubungkan dengan Cross Pacific, tentu menghubungkan antara Asia dan Eropa,” kata Menteri Johnny.(gir/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler