Menteri Muhadjir Sebut O2SN Mempererat Tali Rasa Kebangsaan

Senin, 04 September 2017 – 16:47 WIB
Muhadjir Effendy. Foto: Mesya/JPNN

jpnn.com, MEDAN - Olahraga adalah sarana strategis membentuk kebugaran raga dan membentuk pribadi yang sportif. Itu sebabnya kegiatan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) yang diikuti ribuan siswa pada jenjang pendidikan dasar dan menengah, di samping menjadi ajang untuk prestasi siswa, juga memererat rasa ke Indonesiaan.

Demikian ditegaskan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Efffendy saat membuka O2SN di GOR Serbaguna Pancing, Senin (4/9).

BACA JUGA: Mendikbud Ajak KONI Lacak Bakat Siswa

"O2SN ini menjadi ajang untuk mempererat tali rasa kebangsaan, jiwa sportivitas makin tinggi. Inilah inti dari pendidikan karakter itu," ujar Muhadjir.

Dia menambahkan, dengan O2SN, diharapkan akan tercipta insan cerdas, sehat jasmani, sportif, memiliki kebugaran raga, dan berdedikasi sebagai kader penerus dan pemimpin bangsa di masa depan. Di samping membangun sikap kompetitif dan sportif, mengembangkan sikap kerja sama serta menghargai keberhasilan atau prestasi siswa lain.

BACA JUGA: 1.904 Pelajar Meriahkan O2SN 2017

Sementara Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Hamid Muhammad menambahkan, hasil yang diharapkan dari O2SN adalah pengembangan bakat dan prestasi bidang olahraga terhadap siswa secara optimal, menumbuhkan sikap toleransi, kompetitif, dan jiwa sportifitas serta memererat persatuan kesatuan bangsa yang semakin kuat.

"Ini iven tahunan yang diusung Kemendikbud dalam memberikan ruang kepada para pelajar untuk menunjukkan minat dan bakatnya. Prestasi tidak hanya di sience, tapi juga olahraga dan seni," tandasnya.(esy/jpnn)

BACA JUGA: Besok, Mendikbud Buka O2SN di Medan

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mendikbud Tak Mau Anak PAUD Dipaksa Berseragam


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler