Menteri Puspayoga: SETC 2018 Tawarkan Kiat Baru Bagi UKM

Minggu, 16 Desember 2018 – 16:50 WIB
Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga (tengah), Direktur Corporate Affairs PT HM Sampoerna Troy Modlin (kanan) dan Kepala Hubungan Daerah & CSR Sampoerna Ervin Laurence Pakpahan (kiri). Foto: Sampoerna

jpnn.com, BALI - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga mengapresiasi event Sampoerna Entrepreneurship Training Center (SETC) Expo 2018.

Menurut Puspayoga, event yang dihelat di Bali pada 15-16 Desember 2018 itu menawarkan kiat baru bagi para pelaku UKM agar lebih kompetitif pada era yang serbacanggih.

BACA JUGA: Sampoerna All Out Genjot Kemajuan UKM di Bali

“Ini sebuah ungkapan yang tepat yang disampaikan oleh Sampoerna. Dalam Revolusi Industri 4.0, ini memang era baru untuk para wirausaha kita. Mengapa? Dulu kalau kita produksi barang, kita harus buka toko. Sekarang hanya dalam genggaman kita punya toko. Itu salah satu wujud Revolusi Industri ini,” ungkap Puspayoga.

Kepala Hubungan Daerah dan CSR Sampoerna Ervin Laurence Pakpahan menjelaskan, pihaknya mengusung tema New Era Entrepreneurship pada event kali ini.

BACA JUGA: Sampoerna Retail Community Pecahkan Rekor MURI

Menurut Ervin, SETC Expo 2018 bertujuan memfasilitasi dan menyiapkan para pelaku UKM di Indonesia dalam menghadapi tantangan era teknologi digital yang semakin dinamis.

BACA JUGA: Pemerintah Apresiasi Aplikasi Ayo SRC Karya Sampoerna

“SETC Expo sendiri sebenarnya bentuk dari komitmen Sampoerna terhadap UKM di Indonesia sesuai dengan program pemerintah untuk memberdayakan ekonomi kerakyatan,” kata Ervin.

Dia menambahkan, dinamika di dunia bisnis sudah mulai berubah. Begitu juga dengan tren bisnis.

“Itu yang sekarang kami coba menggugah pola pikir rekan-rekan binaan Sampoerna untuk lebih bisa bersaing secara kompetitif,” ungkap Ervin.

SETC Expo 2018 sendiri merupakan sebuah program dalam bentuk pameran dan pelatihan UKM tahunan yang merupakan bagian dari Pusat Pelatihan Kewirausahaan (PPK) Sampoerna.

PPK Sampoerna merupakan program Sampoerna yang berfokus pada sektor UKM. Hingga saat ini PPK Sampoerna telah mengembangkan sekitar 40 ribu wirausahawan di 79 kota dan kabupaten di Indonesia.

Dalam SETC Expo 2018 ini, lebih dari 180 UKM di seluruh Indonesia dihadirkan di 90 stan yang memamerkan berbagai produk khas daerah masing-masing.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Bali I Gede Indra Dewa Putra juga sangat mendukung dan mengapresiasi langkah Sampoerna.

Menurut dia, langkah Sampoerna dalam mendampingi dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) membuat produk dan jasa semakin bagus.

“Kami berharap PT Sampoerna terus memberikan pelatihan ini dengan model pendekatan yang berbeda dari perusahaan-perisahaan lain dan mereka dapat mencontohnya dari CSR-nya PT Sampoerna,” papar Gede Indra. (jos/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dukung Kemajuan UKM, Sampoerna Gelar Pesta Retail Nasional


Redaktur & Reporter : Ragil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler