Menteri Siti Kelilingi Mangrove Angke, Jaring Sampah Plastik

Senin, 04 Maret 2019 – 11:00 WIB
Menteri LHK Siti Nurbaya, Sekjen KLHK Bambang Hendroyono, Ditjen KSDAE Wiratno saat membersihkan sampah di Taman Wisata Alam Mangrove Angke. Foto: Natalia Laurens/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Menteri LHK Siti Nurbaya bersama jajaran kementerian dan pemkot DKI Jakarta gotong royong membersihkan sampah di sekitar Taman Wisata Alam Mangrove, Muara Angke, Jakarta Utara.

Ini adalah bagian dari kegiatan Aksi Bersih Sampah yang serentak dilaksanakan di 74 kawasan konservasi di Indonesia Senin (4/3). Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 37.000 orang seluruh Indonesia.

BACA JUGA: Lihat Nih Data Penurunan Jumlah Karhutla dari Catatan Satelit per Tahun

Sementara untuk kegiatan di Mangrove Muara Angke diikuti 400 orang. Terdiri dari mahasiswa, pelajar, aktivis lingkungan, dan dinas lingkungan hidup dan kehutanan Pemprov DKI Jakarta.

"Terima kasih untuk semua yang sudah mau datang untuk bersama kita bersihkan kawasan konservasi. Terutama sampah plastik," ujar Menteri Siti.

BACA JUGA: KLHK Tetapkan Tujuh Hutan Adat Baru

Menumpang speed boat ukuran sedang, Menteri Siti dan sejumlah dirjen KLHK mengelilingi sungai di kawasan mangrove itu untuk menjaring sampah.

BACA JUGA: Meriahkan Java Jazz 2019, KLHK Bagikan Kantong Belanja dan Sedotan Stainless steel

Kebanyakan yang terjaring adalah sampah plastik yang terbawa arus laut ke kawasan itu karena hujan deras.

"Kegiatan seperti ini jangan sampai hanya hari ini saja. Ini harus kita kampanyekan. Jaga kawasan konservasi kita dari sampah. Terutama untuk kawasan yang sebagian dijadikan tempat wisata alam," tegas Menteri Siti.

Menteri Siti juga melakukan video conference dengan sejumlah kepala daerah untuk mendengarkan laporan terkait Aksi Bersih Sampah di wilayah masing-masing.

Harapannya, pemda aktif mengajak partisipasi warganya untuk menjaga kebersihan lingkungan masing-masing.

Kegiatan aksi bersih sampah ini adalah rangkaian kegiatan dari Hari Peduli Sampah Nasional 2019 yang diperingati pada 21 Februari lalu. (flo/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Waspada! 5 Jenis Barang Plastik Ini Sulit Terurai dan Berbahaya untuk Lingkungan


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler