Menunggu Kata Maaf dari Presiden Jokowi

Sabtu, 06 Juni 2015 – 13:22 WIB
Jokowi-JK. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Sejarawan Peter Kasenda meminta Presiden Joko Widodo mengakui kesalahannya, karena telah menyebut Blitar sebagai tempat kelahiran proklamator RI Soekarno. Menurutnya, pernyataan presiden sangat ditunggu oleh masyarakat.

"Sampai sekarang kan masyarakat menunggu apakah Presiden Jokowi akan minta maaf mengakui kesalahan beliau. Atau dia tak menyatakan minta maaf tapi dia langsung melakukan perbuatan yang memberi kesan dia minta maaf atas kesalahannya itu," kata Peter dalam sebuah diskusi di Jakarta, Sabtu (6/6).

BACA JUGA: Kata Sejarawan, Soekarno Pernah Disebut Lahir di Blitar

Peter Kasenda.

BACA JUGA: Mari Tagih Jokowi-JK soal Trisakti dan Nawacita

Peter berpendapat, tidak ada salahnya presiden meminta maaf secara langsung kepada publik. Dia yakin hal tersebut tidak akan menjatuhkan citra Jokowi. Sebaliknya, masyarakat justru akan menghargai sikap mantan gubernur DKI Jakarta itu.

Jika enggan minta maaf secara lisan, tambah Peter, Jokowi bisa memerintahkan pihak Istana untuk menerbitkan buku tentang riwayat hidup Soekarno. Di dalam buku itu nantinya ditegaskan bahwa Soekarno lahir di Surabaya, bukan Blitar.

BACA JUGA: Jokowi Ingin Kiblat Universitas Islam Moderat Dunia Ada di Indonesia

"Bisa Presiden Jokowi bikin buku kecil untuk menjelaskan riwayat hidup Bung Karno dan termasuk mantan presiden lain serta para tokoh Indonesia. Kan sudah membangun Museum Kepresidenan," pungkas pria yang telah menulis sejumlah buku tentang Soekarno ini. (dil/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tersangka Kopassus Pengeroyok TNI AU di Karaoke Bertambah


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler