Merasa Tak Menekan Miryam, Akbar Faizal Laporkan Elza Syarief ke Bareskrim

Senin, 28 Agustus 2017 – 12:24 WIB
Praktisi hukum Elza Syarief bersama Miryam S Haryani di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (21/8). Foto: Dery Ridwansah/JawaPos.Com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota DPR dari Fraksi Partai NasDem Akbar Faizal ‎melaporkan pengacara Elza Syarief ke Bareskrim Polri, Jakarta, Senin (28/8). Laporan itu terkait dengan berita acara pemeriksaan (BAP) Elza yang diungkap dalam persidangan terhadap Miryam S. Haryani yang menjadi terdakwa perkara pemberian keterangan palsu dalam kasus e-KTP.

Akbar melaporkan Elza karena ingin meminta pertanggungjawaban dari pengacara kondang yang menjadi saksi pada persidangan Miryam pada 21 Agustus lalu. "Intinya adalah saya meminta Ibu Elza untuk mempertanggungjawabkan apa yang dia ungkapkan," kata Akbar.

BACA JUGA: Massa Desak KPK Segera Tahan Setya Novanto

Dalam BAP, Elza menyampaikan ada beberapa orang termasuk Akbar yang menekan Miryam untuk mencabut BAP. Akbar pun meminta Elza agar membuktikan pernyataannya soal pihak yang menekan Miryam.

"Saya bersama dengan beberapa orang itu melakukan rapat dan menekan Miryam. Saya pengin tahu di mana, kapan, dengan siapa, dalam rangka apa," tutur Akbar.

BACA JUGA: Konon Pengacara Kepercayaan Setnov Berupaya Pengaruhi Saksi e-KTP

Sebenarnya, Akbar bisa saja tidak menanggapi pernyataan Elza. Namun, dia memutuskan menanggapi karena menyangkut martabatnya. 

"Karena ini menyangkut dengan martabat ya saya tidak bisa diam," ‎ungkap bekas politikus Hanura itu. 

BACA JUGA: Pengacara Suruhan Politikus Golkar Bayar Rp 2 Juta untuk BAP kasus e-KTP

Sebelumnya, jaksa penuntut umum dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada persidangan atas Miryam membacakan BAP hasil pemeriksaan penyidik terhadap Elza. Dalam BAP itu disebutkan bahwa pihak yang menekan Miryam adalah Setya Novanto, Akbar Faizal, Djamal Aziz dan Chairuman Harahap.

Selanjutnya, majelis hakim mengonfirmasi BAP tersebut kepada Elza. “Apakah itu benar, Bu?" tanya hakim anggota, Anshori. 

Elza mengaku ragu-ragu dengan keterangan yang dia berikan di dalam BAP. "Saya ragu-ragu, Yang Mulia soal itu. Saya revisi keterangan itu, bahwa tidak ada penekanan, tapi merasa tertekan," kata Elza. 

Dia menyatakan, ada dua nama yang disebut Miryam, yakni Akbar Faizal dan Dj‎amal Azil. "Yang sempat marah Akbar Faizal dan Djamal Aziz. Miryam mengatakan, dia tidak pernah terima uang dari Markus Nari, tapi dia terima dari Akbar Faizal yang didampingi Djamal Aziz," ucap Elza.(gil/jpnn)‎

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mantan Dirjen Dukcapil Yakini Andi Narogong Dekat Banget dengan Setnov


Redaktur & Reporter : Gilang Sonar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler